Sleman berkomitmen mendukung implementasi SP4N LAPOR

id Kabupaten Sleman ,Lapor Sleman ,SP4N-LAPOR! Sleman ,Sleman

Sleman berkomitmen mendukung implementasi SP4N LAPOR

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menerima kunjungan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Diah Natalisa bersama United Nations Development Programme dan Korea International Cooperation Agency dalam penguatan implementasi SP4N LAPOR, Rabu (22/6/2022). (ANTARA/HO-Setda Sleman)

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berkomitmen mendukung kelancaran implementasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) menjadi lebih baik dan efektif.

"Layanan pengaduan bagi masyarakat melalui 13 kanal LAPOR Sleman merupakan sarana komunikasi antara Pemerintah Kabupaten Sleman dengan masyarakat," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Sleman, Kamis.

Menurut dia, aplikasi LAPOR Sleman juga terintegrasi dengan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aplikasi dan Pengaduan Online Rakyat atau SP4N LAPOR.

"Pengelolaan aduan di Pemerintah Kabupaten Sleman didasarkan atas proses bisnis yang komprehensif dan SOP yang terus berkembang menyesuaikan tuntutan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik," jelasnya.

Dia mengatakan Pemkab Sleman akan terus berupaya untuk meningkatkan LAPOR Sleman agar terus berkembang ke arah lebih baik lagi dalam melayani masyarakat.

Sebelumnya, Rabu (22/6), Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Diah Natalisa bersama United Nations Development Programme (UNDP) dan Korea International Cooperation Agency (KOICA) berkunjung ke Kabupaten Sleman dalam rangka penguatan komitmen pelaksanaan SP4N-LAPOR.

Penguatan komitmen tersebut dilakukan dalam bentuk diskusi antara Pemkab Sleman bersama UNDP dan KOICA. Pemkab Sleman juga ditunjuk sebagai proyek percontohan (pilot project) program KOICA dan UNDP dalam pengelolaan SP4N-LAPOR.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut, Diah Natalisa mengatakan kegiatan penguatan SP4N-LAPOR, seperti yang dilakukan di Pemkab Sleman, merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

SP4N-LAPOR telah terhubung dengan 658 instansi pemerintah, yakni 34 kementerian, 100 lembaga pemerintah non-kementerian, 34 pemerintah provinsi, 396 pemerintah kabupaten, dan 94 pemerintah kota. Berdasarkan data yang dihimpun, Pemkab Sleman tercatat baik dalam mengelola SP4N-LAPOR.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022