Indonesia terbuka berkolaborasi di Hannover Messe 2023, kata Jokowi

id Hannover Messe,presiden joko widodo,pameran industri

Indonesia terbuka berkolaborasi di Hannover Messe 2023, kata Jokowi

Tangkapan layar Presiden Joko Widodo saat memberi sambutan pada pembukaan Hannover Messe 2023 di Hannover Congress Centrum, Jerman, Minggu (16/4/2023). ANTARA/Sella Panduarsa Gareta

Hannover, Jerman (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia terbuka untuk berkolaborasi dan berinvestasi dengan semua negara di Hannover Messe 2023 guna kemakmuran bersama.

Presiden menyampaikan hal tersebut saat memberikan sambutan pada peresmian pameran teknologi terbesar dunia Hannover Messe 2023, yang mana Indonesia ditetapkan sebagai official partner country.

"Indonesia mengundang investor Jerman untuk ikut membangun ekonomi hijau di Indonesia. Sekali lagi Indonesia sangat terbuka untuk kerja sama, untuk berinvestasi. Mari kita berkolaborasi untuk kesejahteraan bersama," kata Presiden Jokowi di Hannover Congress Centrum, Jerman, Minggu.

Jokowi mengatakan suatu kehormatan bagi Indonesia untuk kembali menjadi negara mitra Hannover Messe.

"Making Indonesia 4.0 adalah tema yang sangat relevan bagi Indonesia yang sedang melakukan transformasi ekonomi melalui inovasi dan teknologi," katanya.

Jokowi juga memaparkan Indonesia memiliki dua strategi besar, yakni hilirisasi dan ekonomi hijau. Terkait hilirisasi, Indonesia dipercaya memiliki sumber daya alam yang berlimpah, bonus demografi, pasar yang besar dan ekonomi yang terjaga.

"Kami punya modal besar dan kami ingin menjadi pemain besar di industri ini," ujar Presiden.
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden: Indonesia terbuka untuk berkolaborasi di Hannover Messe 2023

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024