Warga Kazakhstan terpesona Festival Budaya Indonesia 2023

id KBRI Astana,Kazakhstan,Promosi Indonesia

Warga Kazakhstan terpesona Festival Budaya Indonesia 2023

Kedutaan Besar RI di Astana menggelar Indonesia Summer Festival di Pusat Budaya Indonesia di Astana pada 14–16 Juli 2023. (ANTARA/HO-KBRI Astana)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Astana pada akhir pekan lalu menggelar Indonesia Summer Festival dalam rangka mempromosikan beragam budaya dan potensi Indonesia kepada masyarakat Kazakhstan. 

Menurut keterangan KBRI Astana yang diterima pada Senin, festival yang baru pertama kali diadakan pihaknya tersebut diselenggarakan dalam rangka merayakan 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Kazakhstan serta 25 tahun usia Astana sebagai ibu kota Kazakhstan. 

Duta Besar RI untuk Kazakhstan Fadjroel Rachman, seperti dikutip dalam keterangan tersebut, mengatakan Indonesia Summer Festival merupakan salah satu bentuk dialog kebudayaan antara Indonesia dan Kazakhstan.

Kegiatan itu sekaligus untuk memperkuat diplomasi pendidikan, seni budaya, serta olahraga, khususnya pencak silat melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Universitas Negeri Yogyakarta dan Kazakhstan National Academy of Choreography, katanya.

Fadjroel menambahkan acara tersebut juga merupakan bentuk diplomasi ekonomi dengan menghadirkan hampir 100 jenis produk Indonesia, seperti makanan, makanan ringan tradisional, minuman, perhiasan, kopi, teh, dan batik.

Rangkaian festival dan pameran itu berlangsung pada 14–16 Juli di Pusat Budaya Indonesia di Astana.

Kegiatan yang dilaksanakan antara lain mencakup pertemuan bisnis, pameran produk dan masakan Indonesia, pertunjukan musik dan tari, serta promosi kampus. 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KBRI gelar festival Indonesia pertama di Kazakhstan

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024