Dana cekak, ini tips usung mobil impian

id Tips finansial, tips mobil

Dana cekak, ini tips usung mobil impian

Pengunjung mencoba sebuah mobil yang dipamerkan pada pameran Grandmaerakaca Auto Show (GAS) 2023 di Gedung PRPP Semarang, Jawa Tengah, Kamis (6/7/2023). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/Spt.

Jakarta (ANTARA) - Bagi masyarakat terutama di perkotaan, punya kendaraan bukan hanya soal status sosial karena kesibukan dan akses kegiatan yang mendorong masyarakat menggunakan kendaraan pribadi.

"Apalagi kini perkembangan industri otomotif di Indonesia, masyarakat disuguhi begitu banyak pilihan jenis dan merek kendaraan. Maka dari itu, pemilihan kendaraan harus dipertimbangkan secara matang," ujar kreator konten otomotif Den Dimas dalam keterangannya pada Minggu.

Den Dimas berkata bahwa dalam memilih kendaraan pertama, banyak yang harus diperhatikan, termasuk memastikan tujuan yang jelas sebelum membeli.

Apakah tujuan dari pembelian kendaraan tersebut untuk mobilisasi pribadi, investasi, atau bahkan untuk tujuan yang lainnya? Dengan sudah jelasnya tujuan, tentunya akan memengaruhi jenis dan merek kendaraan yang akan dibeli.

"Misalnya, kalau tujuannya untuk mobilisasi pribadi, pasti harus cari kendaraan yang cocok untuk dibawa kerja atau hangout. Maka yang dipikirkan adalah hal-hal yang menunjang mobilitas, seperti hemat bensin atau tidak, kapasitas mesin, dan lain-lain," kata dia.

Den Dimas mengatakan kalau tujuannya untuk investasi, bisa disesuaikan dengan selera misalnya mobil klasik atau antik, yang nilai jualnya tetap bahkan bertambah seiring waktu.

Tidak hanya itu, vlogger otomotif dengan jumlah subscribers hampir 1 juta ini juga menjelaskan setelah menentukan tujuan, ada poin penting lainnya dalam menentukan kendaraan yang tepat yakni pemilihan spek dan karakter kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.

Sebagai masyarakat urban yang memiliki banyak kegiatan, akan muncul kebutuhan memiliki kendaraan lebih dari satu.

"Kalau memutuskan untuk membeli kendaraan kedua, tentunya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, contohnya seperti potential service fee yang harus dikeluarkan yang akan semakin besar ke depannya," ujarnya.

Ditambah lagi sisi perawatan serta pajak dan asuransi dari kedua mobil. Tentu saja ini akan berpengaruh pada kesesuaian budget. Maka dari itu, Den Dimas juga menjelaskan bahwa konsumen harus selalu memanfaatkan penawaran atau diskon yang tengah berlangsung, supaya keuangan tidak kacau jadinya.

Pendapat ini diamini oleh Tommy Halim, Consumer Business Collaboration Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tips membeli mobil impian sesuai kebutuhan dan finansial

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024