Mendes PDTT sebut "ASEAN Rural Culture Expo" pamerkan produk UMKM

id Kemendes PDT,Menteri Desa PDT,ASEAN Rural Culture ,Rural Culture Expo ,ASEAN,Tebing Breksi

Mendes PDTT sebut "ASEAN Rural Culture Expo" pamerkan produk UMKM

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Halim Iskandar saat meninjau gerai "ASEAN Rural Culture Expo" yang di selenggarakan di kawasan Tebing Breksi Prambanan, Sleman, Rabu (26/7/2023). ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Halim Iskandar menyebutkan "ASEAN Rural Culture Expo" di kawasan wisata Tebing Breksi Prambanan, Sleman dimaksudkan untuk memperkenalkan produk unggulan UMKM kepada para delegasi ASEAN.

"Pameran UMKM ini merupakan rangkaian dari kegiatan "ASEA Village Network Metting", kami hadirkan produk UMKM dari desa-desa di Indonesia serta perwakilan dari negara ASEAN," kata Halim Iskandar di Tebing Breksi, Prambanan, Rabu.

Menurut dia, para perwakilan dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) maupun desa-desa wisata di Indonesia menampilkan produk-produk yang menarik dalam pameran ini.

"Kegiatan ini perlu ditindaklanjuti agar jaringan kerja sama antardesa se-ASEAN bisa berjalan," katanya.

Ia mengatakan, dengan kegiatan dan kerja sama ini maka diharapkan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan SDM di desa bisa kuat.

"Akan terjadi percepatan karena bisa jadi ada kerja sama badan usaha desa antar negara," katanya.

Halim mengatakan, "ASEAN Rural Culture Expo" menjadi platform untuk mengangkat produk unggulan desa, sekaligus melestarikan warisan budaya dan keragaman masyarakat perdesaan se-ASEAN.

"Desa-desa dapat memperkenalkan produk unggulan serta mempromosikan budaya dan identitas perdesaan yang dimilikinya," katanya.

Ia mengatakan, pameran ini juga dapat menjadi media pertukaran pengetahuan dan pengelaman lapangan, untuk pengembangan kapasitas bagi masyarakat perdesaan antar-negara anggota ASEAN.


 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendes PDT: "ASEAN Rural Culture Expo" pamerkan produk UMKM
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024