Situs Kramat Batok wisata religi untuk gaet turis

id Peresmian situs budaya,Situs Kramat Batok,Peresmian wisata religi,Peninggalan Kerajaan Sumedang Larang,Kabupaten Bekasi

Situs Kramat Batok wisata religi untuk gaet turis

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan (ketiga dari kanan) berfoto bersama sebelum menandatangani prasasti wisata religi Cagar Budaya Kramat Batok di Desa Jayabakti, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (30/7/2023). (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meresmikan situs budaya Kramat Batok di Desa Jayabakti, Kecamatan Cabangbungin, sebagai tempat tujuan wisata religi dalam upaya menjaga eksistensi warisan peninggalan masa lampau agar tetap lestari.

"Situs ini memang sudah cukup terkenal, setiap tahun banyak peziarah yang datang ke sini dan pada intinya Kramat Batok merupakan buah dari kesalehan Kyai Uyut Gabid dan juga Raden Mas Leong Templu. Contoh bagi kita semua, kalau orang saleh meskipun telah meninggal lama, tetapi peninggalan maupun karyanya di masa lalu akan selalu dikenang dan dihormati," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Bekasi, Minggu.

Dia mengatakan tempat wisata berbasis religi ini memiliki daya tarik tersendiri guna membangkitkan eksistensi sekaligus mendongkrak popularitas cagar budaya di Kabupaten Bekasi sehingga nilai-nilai religi dan sejarah dapat diresapi dalam kehidupan bermasyarakat.

"Sementara tempatnya sendiri sebagai cagar budaya tentu sudah mempunyai daya tarik sendiri. Jadi kalau ditambah lagi atraksinya dalam bentuk kirab maupun tampilan kesenian lain, tentu akan semakin menambah daya tarik dari cagar budaya ini, sehingga nanti bisa terus terpelihara dengan baik," katanya.

Dani menjelaskan upaya pelestarian budaya harus terus diperhatikan sedemikian rupa, mulai dari fasilitas yang mumpuni, sarana dan prasarana, serta kebersihan tempat yang dapat membuat para pengunjung merasakan kenyamanan saat berwisata.

"Dengan wisata religi ini para pengunjung bisa berwisata sambil memperkuat rohani sehingga sangat positif bagi masyarakat," ucapnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Bekasi resmikan situs Kramat Batok wisata religi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024