ARKAS versi 4 permudah tata kelola sekolah

id ARKAS,Dana BOS,Tata kelola satuan pendidikan

ARKAS versi 4 permudah tata kelola sekolah

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim meluncurkan platform ARKAS versi 4 di Jakarta, Senin (7/8/2023). (FOTO ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim meluncurkan platform Aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (ARKAS) versi 4 untuk semakin mempermudah tata kelola satuan pendidikan.

“Melalui pembaruan pada sejumlah fitur, ARKAS 4 hadir dengan alur penggunaan dan desain yang jauh lebih intuitif dan aman karena sesuai dengan petunjuk teknis,” katanya di Jakarta, Senin.

Perilisan ARKAS versi 4 merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yaitu ARKAS versi 3.4 dengan tiga pilar kemudahan yaitu lebih praktis, lebih nyaman, dan lebih aman.

ARKAS versi 4 memiliki pembaruan pada sejumlah fitur serta alur penggunaan dan desain yang lebih intuitif dan aman karena sesuai dengan petunjuk teknis sekaligus lebih praktis seiring terintegrasi dengan pajak otomatis SIPLah.

Ia mengatakan pemutakhiran ARKAS 4 mendukung proses penganggaran dan pelaporan dana BOS secara lebih efektif dan lebih akurat serta semakin menjamin transparansi dan akuntabilitas.

“Dengan platform ARKAS, kepala sekolah dan dinas pendidikan bisa merancang, menganggarkan, dan melaporkan penggunaan dana BOS secara lebih efektif, efisien, dan terintegrasi dalam satu aplikasi tunggal,” katanya.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Iwan Syahril menambahkan pihaknya melakukan berbagai inisiatif dalam mendukung transformasi digital untuk tata kelola anggaran dana BOS yang lebih transparan melalui ARKAS.

Pada 2022 ARKAS telah dimanfaatkan oleh lebih dari 217 ribu sekolah dan 99,8 persen di antaranya sudah melaporkan dana BOS secara tepat waktu dengan total lebih dari Rp50,7 triliun dana BOS yang tercatat secara transparan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendikbudristek luncurkan ARKAS 4 permudah tata kelola sekolah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024