Cukup tinggi, miinat lelang SUN

id SUN,surat utang negara,lelang SUN

Cukup tinggi, miinat lelang SUN

Ilustrasi - Surat Utang Negara (SUN). ANTARA/Ridwan Triatmodjo/pri. (ANTARA/Ridwan Triatmodjo)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan minat terhadap lelang Surat Utang Negara (SUN) cukup besar seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2023 yang mencapai 5,17 persen.

Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa, Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Deni Ridwan menjelaskan minat investor yang tinggi tercermin pada total penawaran masuk (incoming bids) yang mencapai Rp32,54 triliun, naik dari lelang sebelumnya yang sebesar Rp30,99 triliun.

Kemenkeu mencatat aliran arus modal asing masuk ke pasar Surat Berharga Negara (SBN) masih terus berlanjut, tercermin pada penawaran investor asing pada lelang hari ini yang mencapai Rp4,5 triliun.

Mayoritas penawaran masuk investor asing tersebut berada pada seri SUN tenor 10 dan 15 tahun yaitu Rp2,84 triliun atau 63,27 persen dari total penawaran masuk investor asing dan dimenangkan sebesar Rp1,38 triliun atau 14,0 persen dari total awarded bids.

Sementara itu, minat investor masih dominan pada seri SUN bertenor panjang, terutama seri SUN tenor 10 dan 15 tahun dengan jumlah penawaran masuk mencapai Rp15,3 triliun atau 47,03 persen dari total penawaran masuk. Seri tersebut dimenangkan sebesar Rp6,60 triliun atau 67,01 persen dari total awarded bids.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Minat lelang SUN cukup besar seiring dengan pertumbuhan ekonomi RI
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024