Mahasiswa bikin media pembelajaran siswa tunanetra

id media pembelajaran siswa tunanetra, abropez media pembelajaran tunanetra

Mahasiswa bikin media pembelajaran siswa tunanetra

Enam mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) menunjukan media pembelajaran berupa angka braille dan operasi hitung puzzle (Abropez) untuk memudahkan penyandang tunanetra belajar matematika. (ANTARA/HO-Humas UMK.)

Kudus (ANTARA) - Enam mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) berhasil menciptakan media pembelajaran berupa angka braille dan operasi hitung puzzle (Abropez) untuk memudahkan penyandang tunanetra belajar matematika.

"Media pembelajaran abropez berupa kotak kayu yang di dalamnya terdapat puzzle angka braille dan operasi hitung matematika. Alat ini juga dilengkapi dengan ijiran matematika yang dapat memudahkan siswa tunanetra menyelesaikan hitungan," kata Alfina Noor Aini, salah seorang mahasiswa UMK yang ikut menciptakan media pembelajaran Abropez bersama lima mahasiswa lainnya di Kudus, Selasa.

Mahasiswa lain yang ikut dalam pembuatan media pembelajaran tersebut, yakni Richie Annisa Cikal, Khilda Evita Aisya, Aulia Nisa Cahya Ningrum, Sholikul Hadi, dan Nissaul Azizah.

Ia mengungkapkan, alat tersebut merupakan media pembelajaran dalam pengembangan kognitif anak didik berkebutuhan khusus. Abropez disesuaikan dengan cara anak didik memahami dan disesuaikan dengan kemampuan anak didik.

Media pembelajaran tersebut, imbuh dia, merupakan hasil samping olahan kayu yang ketika dibuka akan muncul kotak-kotak kayu kecil. 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mahasiswa UMK ciptakan media pembelajaran untuk siswa tunanetra
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024