Terlibat kekerasan, tiga WNI di Mesir dideportasi

id WNI di Mesir,WNI deportasi,perkelahian mahasiswa Mesir,KBRI Kairo

Terlibat kekerasan, tiga WNI di Mesir dideportasi

Arsip - Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu RI Judha Nugraha berbincang dengan beberapa media di Jakarta, Selasa (30/5/2023). (ANTARA/Yashinta Difa)

Jakarta (ANTARA) - Tiga warga negara Indonesia (WNI) di Mesir dideportasi ke tanah air karena terlibat tindak kekerasan dalam suatu perkelahian antar sesama mahasiswa Indonesia di Kairo pada Juli 2023 lalu.

Ketiga WNI berinisial AM, AF, dan MC itu merupakan mahasiswa Indonesia asal Sulawesi yang sedang menjalani studi di Universitas Al-Azhar, Kairo.

“Ini sudah sesuai dengan yurisdiksi hukum yang dimiliki oleh pihak (otoritas) Mesir,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha di Jakarta, Kamis.

Kedutaan Besar RI (KBRI) Kairo pada Juli lalu melaporkan bahwa telah terjadi tindakan kekerasan antara sejumlah mahasiswa Indonesia dari dua ikatan kekeluargaan di Mesir, yaitu Kelompok Studi Walisongo asal Jawa Tengah dan Kerukunan Keluarga Sulawesi (KKS).

Kekerasan itu terjadi setelah turnamen futsal Cordoba Cup di daerah Gamaleya, Kairo, Mesir.

Korbannya adalah seorang mahasiswa asal Kudus, Jawa Tengah yang diserang oleh sejumlah mahasiswa Indonesia asal Sulawesi yang tergabung dalam ikatan KKS.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tiga WNI di Mesir dideportasi karena terlibat kekerasan mahasiswa
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024