Puluhan warga keracunan makanan

id cianjur, berita cianjur, keracunan masal, keracunan nasi kotak, keracunan masal cianjur

Puluhan warga keracunan makanan

Warga Desa Ciharashas, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mendapat pertolongan medis setelah mengalami keracunan masal usai menyantap nasi kotak, Minggu (1/10/2023).(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri)

Cianjur (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat 20 warga keracunan makanan setelah menyantap nasi kotak yang dibagikan saat Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Ciharashas, Kecamatan Cilaku, Minggu (1/10/) sudah mendapat penanganan medis.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Cianjur,  Frida Layla Yahya saat dihubungi di Cianjur, Minggu, mengatakan data dari sementara dari petugas Puskesmas Cilaku, 20 warga yang mengalami keracunan mendapat penanganan medis di sejumlah tempat termasuk RSUD Cianjur.

"Beberapa orang yang mendapat perawatan merupakan anak-anak semua sudah ditangani secara medis dan mulai membaik, dua orang diantaranya menjalani perawatan di RSUD Cianjur dan dua orang lainnya di rumah sakit swasta dan puskesmas setempat," katanya.

Frida menjelaskan, pihaknya akan membawa sampel makanan yang diduga sebagai penyebab keracunan masal yang menimpa puluhan warga di Kampung Kebon Mangu, Desa Ciharashas usai menghadiri acara Mauldi Nabi, ke Labkesda Jabar guna memastikannya.

"Kami akan mengirim sampel makanan guna uji laboratorium, sehingga kami belum bisa memastikan penyebab keracunan, namun sebagian besar mengeluh sakit setelah menyantap nasi kotak yang didapat saat menghadiri Maulid Nabi," katanya.

Pihaknya telah menyiagakan puluhan tenaga medis untuk memberikan pelayanan cepat bagi warga yang mengalami keracunan karena diduga jumlahnya lebih dari 20 orang."Kami masih memantau dan menempatkan petugas di lapangan guna pelayanan cepat," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dinkes mencatat 20 orang warga Cianjur keracunan makanan