USU-Institut Teknologi Muroran Jepang kembangkan AI

id berita sumut,usu jalin kerja sama dengan institute,berita medan terkini,usu jalin kerja sama dengan institute teknologi

USU-Institut Teknologi Muroran Jepang kembangkan AI

Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin, S.Sos, MSi (tengah) saat menyerahkan cendramata kepada President of Muroran Institute of Technology, Kuga Yoshizaku. ((ANTARA/HO- Humas USU).)

Medan (ANTARA) - Universitas Sumatera Utara (USU) meningkatkan jalinan kerja sama dengan salah satu kampus terkemuka di Jepang, Institut Teknologi Muroran, termasuk dalam pengembangan teknologi artificial intelligence (AI) sebagai bagian dari program unggulan internasionalisasi. 

Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin memimpin langsung delegasi USU untuk mendiskusikan program kerja sama yang akan dilakukan. Kerja sama dengan Institut Teknologi Muroran sendiri sudah terjalin sejak 2013.

"Muroran saat ini juga sedang mengembangkan teknologi terkait penanganan dan pencegahan gempa bumi serta pengembangan kecerdasan buatan (AI). Ini sejalan dengan program-program internasionalisasi USU, sehingga akan sangat baik bila kerja sama yang sudah terjalin lama dapat lebih dikembangkan," ujar Prof Muryanto Amin dalam keterangan yang diterima di Medan, Rabu.

Ia menyebutkan USU juga berencana meningkatkan jumlah pertukaran mahasiswa (student exchange) dengan Muroran, khususnya untuk program doktor. 

Selain itu, juga akan dilaksanakan pembukaan kelas bersama yang diisi oleh dosen USU dan Muroran. 

"Program lainnya yakni joint-research dengan metode shared-funding dari Jepang. Program-program kerja sama ini diharapkan lebih mendongkrak reputasi USU di dunia pendidikan internasional dan bisa menguatkan program internasionalisasi yang dicanangkan," kata Rektor USU.

Sementara President of Muroran Institute of Technology, Kuga Yoshizaku, yang menyambut delegasi USU mengaku senang bisa meningkatkan kerja sama dengan USU. Pihaknya mengatakan kerja sama dengan USU selama ini berjalan dengan baik dan akan sangat bagus bila dapat lebih dikembangkan.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024