Recgla kenalkan kacamata ampas kopi

id ampas kopi,Jakarta Coffee Week 2023,recgla,kacamata,kacamata ampas kopi,bahan daur ulang,kacamata lokal

Recgla kenalkan kacamata ampas kopi

Kacamata berbahan ampas kopi produksi Recgla dipamerkan pada Jakarta Coffee Week 2023 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, pada 3-5 November 2023. (ANTARA/Uyu Septiyati Liman)

Jakarta (ANTARA) - Recgla, produsen kaca mata daur ulang asal Denpasar, Bali, menghadirkan kacamata berbahan ampas kopi pada Jakarta Coffee Week 2023 yang digelar di ICE BSD City, Tangerang, Banten, pada 3-5 November 2023.

“Karena kami sering melihat kedai kopi yang membuang ampas kopinya begitu saja, jadi, kami memiliki ide untuk membuatnya menjadi kacamata,” ujar pemilik Recgla Reza Arganata, kepada ANTARA, Senin.

Recgla bekerja sama dengan beberapa kedai kopi lokal dalam mengumpulkan ampas kopi. Setelah terkumpul, ampas kopi lalu dijemur selama kurang lebih satu minggu dan kemudian dilakukan pengepresan dengan tambahan bahan khusus agar ampas kopi menjadi padat.

Padatan ampas kopi tersebut dibuat menjadi lembaran supaya dapat dengan mudah dipotong sesuai dengan pola kacamata yang diinginkan.

“Semua proses tersebut, bahkan hingga pemasangan engsel, kami lakukan secara handmade (manual),” ucap Reza.

Kacamata Recgla yang terbuat dari padatan ampas kopi tersebut baru dirilis pada awal 2023. Sebelumnya, usahanya yang telah berdiri sejak 2016 itu hanya membuat kacamata berbahan daur ulang dari papan skateboard dan denim.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Recgla hadirkan kacamata berbahan ampas kopi di Jakarta Coffee Week

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024