UNY selenggarakan Research, Innovation and Industry Expo 2023

id uny

UNY selenggarakan Research, Innovation and Industry Expo 2023

Panitia UNY RIIExpo Dr Muslikin (ANTARA/HO-UNY)

Yogyakarta (ANTARA) - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan UNY Research, Innovation and Industry Expo 2023 (UNY RIIExpo 2023) pada 14-17 November 2023.

"Acara ini bertemakan Fostering Research to Uplift Humanity, menyoroti peran riset dalam mengangkat kualitas hidup manusia," kata Panitia UNY RIIExpo Dr Muslikin di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, UNY RIIExpo 2023 akan menjadi ajang unik yang menampilkan berbagai inovasi dan penemuan terkini melalui serangkaian kegiatan menarik.

Rangkaian acara tersebut meliputi Seminar ICERI: Sebuah forum diskusi tingkat tinggi yang menghadirkan para pakar di bidang riset dan inovasi; Talkshow: Exhibitors akan berbagi wawasan mendalam tentang produk dan inovasi yang mereka bawa.

Kemudian Demo Produk: Kesempatan bagi peserta untuk melihat langsung produk-produk inovatif yang dihasilkan oleh exhibitors; Workshop: Sesi interaktif yang memungkinkan partisipan untuk belajar lebih dalam tentang berbagai aspek riset dan inovasi.

Selanjutnya EV Test Drive: Pengalaman mengemudi kendaraan listrik yang menjadi tren masa kini; dan Live Music: Hiburan live music sebagai pelengkap suasana positif acara.

UNY RIIExpo 2023 akan digelar dalam dua konsep pameran, indoor dan outdoor. Terdapat 54 booth indoor untuk exhibitors serta 19 tenant Bazaar UMKM yang akan berpartisipasi di area outdoor.

"Dengan melibatkan perusahaan-perusahaan ternama, acara ini memberikan peluang kolaborasi dan pertukaran ide yang luas," kata Muslikin.

Para peserta dapat menikmati pameran yang beragam, mulai dari teknologi mutakhir hingga produk kreatif UMKM. UNY mengundang semua pihak yang tertarik untuk hadir dan ikut serta dalam memperkuat peran riset dalam meningkatkan kemanusiaan.

Sementara itu, Panitia ICERI Dr Aprilia mengatakan kualitas pendidikan menentukan keberhasilan kemajuan suatu bangsa. UNY melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UNY menyelenggarakan program peningkatan kualitas riset, diseminasi dan kinerja riset dalam rangka penemuan dan pengembangan ilmu serta pengabdian kepada masarakat melalui International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI).

"ICERI digagas sebagai kegiatan rutin tahunan DRPM yang menjadi ajang silaturahmi akademis antardosen peneliti dari internal dan eksternal UNY dalam membangun budaya riset dan diseminasi hasilnya untuk disebarluaskan," katanya.

Tema yang diangkat pada ICERI ke-11 tahun 2023 ini adalah "Strengthening Technology-Based Character Education and Research Quality"”. Tema tersebut diangkat dilatarbelakangi adanya perkembangan pesat pada pengetahuan dan teknologi yang memberikan pengaruh pada lingkungan dunia pendidikan.

Pengaruh ini memberikan manfaat yang luar biasa sekaligus menjadi tantangan bagi para akademisi atau praktisi pendidikan untuk menciptakan perubahan pembelajaran yang "modern" sesuai dengan karakteristik peserta didik yang terlahir di era millennial ataupun terlahir pada generasi Alpha.

Pembelajaran yang fleksibel, adaptif, mengkombinasikan dengan digital dan tetap mengedepankan karakter di tengah perkembangan perkembangan iptek merupakan pilihan utama bagi pendidik di era sekarang.

Untuk itu perlu dilakukan penguatan pendidikan karakter dan penelitian yang berkualitas berbasis teknologi dan ICERI hadir untuk memfasilitasi pertukaran wawasan, pertukaran gagasan alternatif pembelajaran inovatif yang berkarakter yang sesuai dengan perkembangan jaman melalui ide, pengalaman, dan temuan penelitian yang dilakukan oleh dosen, guru, dan peneliti terklasifikasi menjadi 12 sub-tema.

Ke-12 sub-tema tersebut mencakup Digital learning, Research and Education, Character Development, Social Emotional Learning, New Pedagogy: Design, Application, and Evaluation, Artificial Intelligence in Education, Community Education, Applied Science and Technology, Arts and Humanities Issues, Sport and Health, Economic, Business, and Management, Languages and Literature.

"Seluruh rangkaian kegiatan ICERI 2023 dilaksanakan pada14-15 November 2023," katanya.