Prasasti Lawadan dipindah

id Prasasti Lawadan, balai Pelestarian kebudayaan Jawa Timur, pemindahan prasasti Tulungagung

Prasasti Lawadan dipindah

Petugas meletakkan prasasti Lawadan yang masih terbungkus kemasan berlapis di Museum Tulungagung, Tulungagung, Selasa (14/11/2023) (ANTARA/HO - Joko Pramono)

Tulungagung, Jatim (ANTARA) - Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Jawa Timur, Selasa, memindahkan Prasasti Lawadan yang sebelumnya tersimpan di kompleks Pabrik Marmer IMMIT yang berlokasi di Campurdarat ke Museum Tulungagung.

Evakuasi prasasti Lawadan yang menjadi penanda kelahiran Kabupaten Tulungagung itu disebut-sebut sebagai kado hari ulang tahun atau hari jadi ke-818 daerah itu.

"Alhamdulillah, pemindahan tahap pertama ini berjalan lancar. Ini menjadi kado indah bagi Kabupaten Tulungagung yang berulang tahun ke-818," kata Pamong Budaya Ahli Muda Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI, Muhammad Ichwan.



Proses pemindahan prasasti sebenarnya dimulai sejak Senin (13/11).

Para arkeolog dibantu tenaga ahli memulai dengan memugar pondasi prasasti yang ada di pendopo dalam kompleks Pabrik Marmer IMMIT.

Selesai dibongkar, prasasti lalu dibawa ke museum dengan menggunakan mobil bak terbuka.

Namun, sebelumnya untuk mencegah kerusakan saat perjalanan, prasasti dibungkus menggunakan kain tebal atau menggunakan keset kain.

Lalu, prasasti dengan berat sekitar satu ton tersebut dibungkus lagi menggunakan paket.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPK Jatim pindah prasasti Lawadan ke Museum Tulungagung
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024