Dubes RI di Vatikan tegaskan Gereja Katolik tidak akan akui perkawinan sejenis

id Dubes RI untuk Vatikan Trias Kuncahyono,perkawinan sesama jenis,gereja katolik,paus fransiskus

Dubes RI di Vatikan tegaskan Gereja Katolik tidak akan akui perkawinan sejenis

Duta Besar Republik Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan Michael Trias Kuncahyono. (ANTARA/HO-Monang Sinaga)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Takhta Suci Vatikan Michael Trias Kuncahyono menegaskan bahwa Gereja Katolik tetap tidak mengakui adanya perkawinan sesama jenis.

Hal itu disampaikan Trias kepada ANTARA, ketika dimintai tanggapannya soal pemberitaan yang menyebut Vatikan memberikan izin pemberkatan terhadap pasangan sesama jenis.

Menurut Trias, doktrin dalam Katolik abadi menyebutkan bahwa perkawinan adalah antara laki-laki dan perempuan untuk selamanya. Bahkan, doktrin Katolik abadi tentang perkawinan juga tidak akan berubah.

Lebih lanjut Trias mengatakan bahwa Paus Fransiskus tentu akan mempertahankan doktrin perkawinan yang abadi tersebut.

Menurut Trias tidak akan mungkin Paus Fransiskus sebagai pemimpin tertinggi Katolik sedunia, merestui perkawinan sesama jenis.

Trias juga menjelaskan, bagi Gereja Katolik, perkawinan merupakan persatuan yang eksklusif antara seorang pria dan wanita, stabil, dan tidak dapat diceraikan.

"Dari situ sudah jelas kalau pernikahan sejenis itu tentu bukan prinsip perkawinan Katolik," kata Trias di sela-sela mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, mengikuti kegiatan penjurian Zayed Award, di Roma Italia, Rabu (20/12) siang waktu setempat.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dubes RI di Vatikan: Gereja Katolik tak akan akui perkawinan sejenis
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024