"Holiday at library" isi libur sekolah

id Disperpusip Jatim,Tiat S. Suwardi, surabaya, jawa timur

"Holiday at library" isi libur sekolah

Anak-anak saat mengisi liburan di program holiday at library Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Provinsi Jawa Timur. ANTARA/HO-Disperpusip Jatim

Surabaya (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Jawa Timur (Jatim) menggelar spesial program holiday at library selama sepekan untuk memberikan manfaat bagi anak-anak dalam mengisi waktu libur sekolah.
 
"Kami berharap anak-anak bisa memanfaatkan untuk mengisi libur panjang mereka dengan berkunjung ke perpustakaan," ujar Kepala Disperpusip Jatim Tiat S. Suwardi Surabaya, Jumat.
 
Program tersebut berisi beberapa kegiatan seperti, mewarnai, menyanyi, membuat keterampilan, ice breaking dengan tari-tarian serta keliling beberapa spot di kantor perpustakaan milik Disperpusip Jatim.
 
"Kami bekerja sama dengan komunitas Mata Hati. Tujuannya agar anak-anak suka dan senang dengan yang namanya perpustakaan," ujarnya.
 
Tiat menyebut kegemaran membaca harus diawali dengan kesenangan atau hal menyukai terlebih dulu. "Selanjutnya pasti anak-anak akan menyukai apa yang ada di sekitar mereka, yakni utamanya buku," ujarnya. 
 
Setelah itu diharapkan dapat menarik minat baca anak-anak sejak dini. "Ini yang memang kami harapkan. Gemar membaca menjadi tujuan penting dari semuanya itu," kata Tiat.
 
Sampai 21 Desember 2023 ini, 24.429 orang yang memanfaatkan fasilitas perpustakaan, jumlah tersebut naik dibanding tahun sebelumnya sebanyak 20.484 orang.
 
"Jumlah pengunjung perpustakaan semakin hari semakin meningkat, utamanya pascapandemi COVID-19. Rata-rata pengunjung pada tahun 2023 sebanyak 105 orang per hari," ucap Tiat.
 
Kendati demikian pihaknya terus berupaya meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan, antara lai melalui kegiatan tur keliling perpustakaan, terutama bagi siswa. 
 
"