400 korban tertipu umrah, pelaku ditangkap

id cianjur, polres cianjur, penipuan umrah,umrah cianjur, kasus penipuan

400 korban tertipu umrah, pelaku ditangkap

Korban penipuan perjalanan umrah di Cianjur, Jawa Barat, melaporkan pelaku M warga Kecamatan Cikadu ke Polres Cianjur, Senin (15/1/2024).(ANTARA/Ahmad Fikri)

Cianjur (ANTARA) - Kepolisian Resort Cianjur, Jawa Barat, menangkap pelaku penipuan perjalanan Umrah dengan korban sekitar 400 orang, yakni warga Kecamatan Cikadu berinisial M, yang menjanjikan paket umrah ke Tanah Suci dengan harga Rp6 juta.

Kasat Reskrim Polres Cianjur, AKP Tono Listianto di Cianjur, Senin, mengatakan pihaknya sudah mendapat laporan terkait penipuan Umrah dengan korban sekitar 100 orang itu, lalu pihaknya pun menyebar anggota untuk melakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap pelaku.

"Kami sudah mendapat laporan dan melakukan penyelidikan, anggota sudah disebar untuk menangkap pelaku berinisial M, warga Kecamatan Cikadu," katanya.

Pihaknya akan mendalami dan meningkatkan status penyelidikan ke penyidikan setelah pelaku ditangkap sambil menunggu laporan dari korban lainnya yang diperkirakan lebih dari 100 orang.

Sementara informasi dihimpun, tertipunya 100 orang jamaah yang hendak berangkat Umrah ke Tanah Suci itu berawal dari pertemuan korban Aban Muhamad Saban (31) dengan pelaku di Tanah Suci saat menjalankan Umrah menawarkan paket murah hanya Rp6 juta per orang.

Pelaku menyebutkan dirinya mendapat subsidi dari donatur di Timur Tengah untuk memberangkatkan jamaah Umrah dari Indonesia cukup dengan biaya sebesar Rp6 juta, bahkan sejumlah warga tidak mampu dapat berangkat secara gratis alias cuma-cuma.