Menag: Tarik minat pelajar masuk PTKIN harus ada jalur prestasi

id PTKIN,PMB PTKIN,Jalur siswa berprestasi,Menag,Kementerian Agama

Menag: Tarik minat pelajar masuk PTKIN harus ada jalur prestasi

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat menghadiri Peluncuran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PTKIN di Jakarta, Jumat malam (19/1/2024). (ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari)

Jakarta (ANTARA) -
Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas menyarankan ada jalur siswa berprestasi untuk menarik minat lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).
 
"Ada fakta menarik, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyediakan jalur khusus jalur prestasi kepemimpinan yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang pernah menjabat sebagai Ketua OSIS. Kita bagaimana? Apakah ada cara-cara cerdik dan kreatif seperti ini untuk menarik minat masuk ke PTKIN?," ujar Menag saat menghadiri Peluncuran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PTKIN di Jakarta, Jumat malam.
 
Ia juga menyoroti fakta yang terjadi di lapangan terkait menjadikan PTKIN sebagai pilihan kedua, bukan pilihan utama pada saat Seleksi Nasional Pendaftaran Mahasiswa Baru (SNPMB).
 
"Biasanya anak-anak itu menjadikan PTKIN sebagai pilihan kedua karena pilihan pertamanya gagal. Kita tidak boleh memungkiri fakta seperti itu, meskipun tidak seluruhnya. Akibatnya kita belum bisa mendapatkan sumber daya yang cukup baik untuk mendongkrak PTKIN menjadi perguruan tinggi yang unggul," ucapnya.
 
 


 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menag sarankan ada jalur siswa berprestasi untuk tarik minat ke PTKIN
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024