Perpustakaan keliling akan dilengkapi WiFi

id Perpustakaan keliling Makassar, Telkomsel, digitalisasi perpustakaan, Pemkot Makassar

Perpustakaan keliling akan dilengkapi WiFi

Ilustrasi. Ga'de-Ga'de Mart milik Dinas Perpustakaan Kota Makassar. ANTARA/HO-Dok.Dinas Perpustakaan Makassar

Makassar (ANTARA) - Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Andi Patiware mengungkapkan bahwa perpustakaan keliling milik Pemkot Makassar akan dilengkapi wifi untuk internet pada 2024.

"Penambahan fasilitas ini atas kerja sama dan dukungan dari PT Telkomsel," kata Andi Patiware di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis.

Ia memastikan pada  tahun 2024 Dinas Perpustakaan Kota Makassar mulai melengkapi tiga mobil perpustakaan keliling dengan wifi internet mobile.

"Pembaca nantinya tidak hanya membaca buku fisik atau mendengarkan dongeng, tetapi bisa juga mengakses internet dan membaca buku digital atau mengakses dongeng online Dongkelor di mobil perpustakaan keliling," katanya. 

Selain penambahan fasilitas internet, kata dia, Telkomsel juga akan melanjutkan penambahan unit Gade-Gade Pustaka: Mini Pustaka Mart (MPM). Satu unit MPM telah diberikan pada tahun 2022 di Lorong Wisata (Longwis) Indianapolis Assamaturu, Jalan Baji Ati, Kelurahan Baji Mappakasunggu Kecamatan Mamajang, dan menjadi inovasi terbaik di Kota Makassar saat itu. 

MPM merupakan inovasi yang menggabungkan perpustakaan mini dengan warung jajanan dan gerai mini pulsa. Unit MPM selanjutnya akan ditempatkan di ruang publik, seperti di Pantai Losari.

Manager Mobile GTM Operation Telkomsel Regional Sulawesi Agung Paty Lupinto menyebut akan berupaya mendukung program perpustakaan keliling tersebut.

Menurutnya, kolaborasi dengan perpustakaan akan mempercepat akselerasi dan kesinambungan program literasi di Kota Makassar.




 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024