Sleman meluncurkan tahun kunjung perpustakaan di Museum Pusat TNI AU

id Tahun Kunjungan Perpustakaan ,Dinas perpustakaan Sleman ,Museum TNI AU ,Ditgantara Mandala

Sleman meluncurkan tahun kunjung perpustakaan di Museum Pusat TNI AU

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel (Sus) Konarudin saat mendampingi para siswa SD Negeri Malangrejo pada program Tahun Kunjungan Perpustakaan 2024 yang diinisiasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sleman, Jumat (2/2/2024). ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menjalin kerja sama dengan Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala meluncurkan program Tahun Kunjungan Perpustakaan 2024 bagi siswa sekolah di daerah itu.

Peluncuran Tahun Kunjungan Perpustakaan 2024 ini dilakukan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Jumat.

"Tahun ini merupakan tahun kedua kami bekerja sama dengan Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala dalam program tahun Kunjungan Perpustakaan. Program ini kami lanjutkan, karena animo dari sekolah di Sleman sangat tinggi," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sleman Sri Wantini.

Menurut dia, pada tahun lalu program kunjungan perpustakaan dapat berjalan dengan sangat baik, dan dukungan dari Museum Pusat TNI AU sangat luar biasa.

"Fasilitas yang diberikan Museum Pusat TNI AU sangat luar biasa, kami mendapat pembimbingan, gratis retribusi masuk dan parkir serta fasilitas lainnya. Kami berharap kerja sama tahun ini juga dapat berjalan dengan baik," katanya.

Ia mengatakan program Kunjung Perpustakaan ini merupakan layanan Pemkab Sleman dalam menumbuhkan minat baca dan meningkatkan literasi siswa TK dan SD di Sleman.

"Layanan berupa antar-jemput siswa sekolah dengan bus untuk diajak mengunjungi perpustakaan dan museum sebagai upaya untuk menumbuhkan cinta Tanah Air melalui eduwisata," katanya.

Sri Wantini mengatakan nantinya dalam satu tahun dilakukan sebanyak 35 kali kunjungan dengan siswa per kunjungan 30 anak. Hari ini merupakan kunjungan perdana yang diikuti siswa SD Negeri Malangrejo.

Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel (Sus) Komarudin mengatakan bahwa program kunjungan perpustakaan ini menjadi kebanggaan tersendiri, karena mendapat kepercayaan berperan serta mendidik generasi penerus bangsa dalam berbagi ilmu.

"Kami sangat bangga, karena mendapat kepercayaan berperan serta mendidik adik-adik terkait dengan penguatan patriotisme dan nasionalisme berdasarkan koleksi yang kami punya," katanya.

Ia mengatakan program ini sangat baik, menjadi bagian penting mendidik anak secara dini melalui pengamatan yang dapat dilihat secara langsung, tidak hanya teoritis, tetapi dengan praktis di lapangan.

"Kami memberikan mereka ilmu sejarah TNI AU dan peran TNI AU dalam menjaga NKRI. Pimpinan kami juga sangat fokus, sehingga ada beberapa bagian yang akan terus dibenahi, sehingga program penyampaian informasi, terutama terkait TNI AU dapat berjalan dengan baik," katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan program yang sudah berjalan dua kali ini merupakan inovasi agar anak-anak mengetahui sejarah dan meningkatkan literasi dengan membaca dan meningkatkan rasa cinta Tanah Air.

"Tanpa kita memperkenalkan langsung dan membawa mereka, bagi anak-anak akan hanya menjadi angan-angan. Melalui Program Kunjungan Perpustakaan ini, anak-anak bisa bangga telah mengunjungi museum dan dengan literasi ini mereka juga dapat bercita cita menjadi TNI AU," katanya.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024