Anak sakit selesma sembuh sendiri dalam 7-10 hari, ungkap dokter

id Selesma,Batuk pilek,Anak pilek,Dokter anak

Anak sakit selesma sembuh sendiri dalam 7-10 hari, ungkap dokter

Tips meredakan batuk dan flu pada anak secara alami. (ANTARA/tangkapan layar laman dikes-Debby Mano)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis anak konsultan respirologi, dr. Rina Triasih mengatakan anak yang mengalami batuk pilek yang disebabkan selesma dapat sembuh sendiri dalam waktu 7-10 hari.

"Pilek yang selesma ini adalah self limited disease, dia bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan bisa 7-10 hari," kata Rina saat diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Sedangkan untuk anak yang memiliki riwayat alergi, kata Rina, butuh waktu hingga tiga minggu sampai gejala selesma bisa mereda.

Saat mengalami selesma, umumnya gejala yang muncul, yakni hidung tersumbat, sering bersin, dan kadang disertai nyeri telan serta demam.

Rina menyebutkan tidak ada obat tertentu yang efektif untuk menyembuhkan selesma. Hal yang perlu dilakukan oleh anak-anak yang sedang mengalami selesma yakni istirahat yang cukup, memperbanyak minum, dan memenuhi kebutuhan nutrisi.

Akan tetapi, Rina mengingatkan untuk mewaspadai beberapa tanda saat anak sedang mengalami batuk pilek. Pertama ketika gejala yang muncul sudah mengarah kepada penyakit influenza.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter : Anak alami selesma bisa sembuh sendiri dalam 7-10 hari
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024