Ruang ketiga di dunia pendidikan sangat penting, tegas pakar

id Gerakan sekolah menyenangkan, ruang ketiga pendidikan,UGM,SLB,SMA,Edi Purwanto ,Sala,Jateng,Jawa Tengah,Guru,Murid,Ruang

Ruang ketiga di dunia pendidikan sangat penting, tegas pakar

Praktisi pendidikan Muhammad Nur Rizal pada seminar Ruang Ketiga di Pendidikan di SMKN 8 Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (24/2/2024). ANTARA/Aris Wasita.

Solo (ANTARA) - Praktisi pendidikan Muhammad Nur Rizal menyebut pentingnya ruang ketiga di dunia pendidikan untuk membangun siswa dan guru agar dapat merespon tantangan zaman.

"Interaksi yang bahagia dapat memicu produktivitas dalam pembelajaran," kata pendiri Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) tersebut pada seminar Ruang Ketiga di Pendidikan di SMKN 8 Surakarta Jawa Tengah, Sabtu.

Dosen Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (DTETI) FT UGM ini mengilustrasikan cara belajar anak-anak di Australia yang mengingatkan pada adegan dalam film Laskar Pelangi. Di mana banyak adegan memperlihatkan pelajaran yang diberikan di luar kelas.

Melihat gambaran tersebut, dikatakannya, esensi pendidikan sejati tidak terletak pada infrastruktur megah serta fasilitas yang hebat, tetapi pada kehadiran ruang-ruang kebersamaan, ruang dialog, imajinasi, dan dialektika yang setara bagi semua individu.

Ia mengatakan, dialektika yang setara bagi semua individu yakni keberadaan ruang ketiga.

"Walaupun sekolahnya mungkin tidak punya kurikulum, tidak mempunyai nilai akademik, tetapi mampu menciptakan siswa yang bisa mengubah keadaan dirinya sendiri," katanya.

Sementara itu, melalui GSM ia menjelaskan perlunya membangun kecerdasan berpikir secara fundamental bukan infrastruktur.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Praktisi sebut pentingnya ruang ketiga di dunia pendidikan