80 mitra UI menawarkan program magang MBKM di dalam dan luar negeri

id universitas indonesia,UI,mitra ui,MBKM,INSPIRE,KIST,PT Bank Central Asia,PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk,MSIB,Depok,Bogor,Ja

80 mitra UI menawarkan program magang MBKM di dalam dan luar negeri

Gedung Rektorat UI. ANTARA/Foto: Feru Lantara.

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menggandeng lebih dari 80 mitranya guna memaksimalkan potensi pendidikan bagi para mahasiswa, dengan menawarkan program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di dalam dan luar negeri.

"Selain kurikulum yang kami persiapkan menjadikan lulusan kami mumpuni di bidangnya, juga diperkaya lewat experiential learning yang relevan dan aktual untuk menjawab tantangan dunia industri sesuai zaman," kata Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Amelita Lusia, di Kampus UI Depok, Selasa.

Amelita menjelaskan, jenis program magang yang disediakan UI bagi mahasiswanya melalui Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) atau magang mandiri.

MSIB merupakan salah satu program flagship yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Mahasiswa peserta MSIB adalah mahasiswa sarjana (minimal semester 4) dan mahasiswa diploma (minimal semester 2) yang mendapatkan pengalaman bekerja selama satu semester dan dapat dikonversi menjadi 20 SKS.

Direktur Center of Independent Learning (CIL) UI, F Astha Ekadiyanto ST M Sc, menambahkan bahwa kegiatan MBKM termasuk magang tidak boleh dilihat hanya sebagai kegiatan pembelajaran mahasiswa semata.

Ia harus dilihat sebagai bagian dari proses transformasi pendidikan tinggi yang mampu menjawab tantangan perkembangan zaman secara adaptif dan dinamis. Melalui berbagai kemitraan yang dibangun, kegiatan pembelajaran tidak lagi hanya menjadi tanggungjawab universitas dan dosen, melainkan juga dunia usaha, industri, dan praktisi.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 80 mitra UI tawarkan magang MBKM di dalam dan luar negeri