Musik miliki kekuatan perkuat persatuan bangsa Indonesia

id dpp pappri,hari musik nasional,musisi indonesia,konser musik untuk semua

Musik miliki kekuatan perkuat persatuan bangsa Indonesia

Sekretaris Jenderal PAPPRI Dwiki Dharmawan (tengah) ketika menjawab pertanyaan awak media seputar Hari Musik Nasional 2024 dalam sebuah konferensi pers yang diikuti di Jakarta, Selasa (5/3/2024). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

Jakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (DPP PAPPRI) menyebut bahwa musik mempunyai kekuatan unik untuk memperkuat persatuan bangsa yang terbentuk dalam keberagaman.

“Melalui musik, semangat patriotisme dan nasionalisme akan terus tumbuh sehingga eksistensi dan ketahanan bangsa akan dapat dipertahankan. Inilah pentingnya peran dan posisi musik dalam gerakan kebangsaan Indonesia,” kata Ketua Umum PAPPRI Tony Wenas dalam gelar wicara Hari Musik Nasional yang diikuti di Jakarta, Selasa.

Tony menuturkan penggalan lirik yang disusun dalam sebuah lagu dapat dimasukkan pesan-pesan yang berbau kebangsaan. Dengan hal-hal yang melekat pada identitas bangsa seperti budaya dan keberagaman yang ada, musik dapat diterima dengan penuh suka cita oleh masyarakat, khususnya oleh anak-anak muda.
 

Lewat penyesuaian tersebut para musisi juga dapat menjadikan musik sebagai wadah untuk menjaga semangat nasionalisme dan patriotisme tetap menyala.

Sebagai organisasi yang mewadahi para artis, penyanyi hingga pemusik Tanah Air, PAPPRI mempunyai peran penting dalam mendorong perbaikan ekosistem musik di tanah air, yakni menginisiasi dan mendorong penetapan Hari Musik Nasional berkepentingan memanfaatkan momentum Hari Musik Nasional untuk lebih menggerakkan kesadaran dan apresiasi segenap elemen masyarakat mengenai pentingnya musik dalam keseharian, untuk masa depan serta menjaga kesatuan dan persatuan.

Maka dari itu, sebagai bentuk konkret dari kekuatan dan solidnya peran musisi Indonesia baik secara kualitas maupun kuantitas, pada Sabtu 9 Maret pukul 14.00-17.30 WIB DPP PAPPRI akan merayakan Hari Musik Nasional ke-21 dengan menggelar sebuah konser bertajuk "Konser Musik Untuk Semua" di Auditorium Abdulrachman Saleh Radio Republik Indonesia (RRI), Jakarta.

Sekretaris Jenderal PAPPRI Dwiki Dharmawan menambahkan konser ditujukan sebagai langkah untuk mencapai cita-cita besar, yaitu mengajak segenap rakyat Indonesia bernyanyi di setiap perayaan Hari Musik Nasional


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: DPP PAPPRI sebut musik punya kekuatan perkuat persatuan bangsa
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024