Geng bersenjata Haiti ingin kuasai bandara utama

id kekerasan geng bersenjata di haiti,tahanan lepas di haiti

Geng bersenjata Haiti ingin kuasai bandara utama

Kekerasan geng di Haiti (ANTARA/Xinhua/pri.)

Bogota (ANTARA) - Geng bersenjata berusaha menguasai bandara internasional utama Haiti pada Senin (4/3) dalam serangkaian serangan terbaru, termasuk serangan yang menyebabkan pelarian massal narapidana dari dua penjara besar.

Geng bersenjata tersebut bentrok dengan polisi dan tentara di depan Bandara Internasional Toussaint Louverture, yang ditutup ketika serangan terjadi, tanpa ada pesawat yang beroperasi atau penumpang di lokasi.

Serangan itu terjadi hanya beberapa jam, setelah anggota geng bersenjata menyerbu dua penjara terbesar di negara itu dan membebaskan lebih dari 3.800 narapidana.

Pihak berwenang memerintahkan pemberlakuan jam malam setelah serangan itu, serta pemerintah mengatakan akan berusaha melacak narapidana yang melarikan diri, beberapa di antaranya dituduh melakukan pembunuhan dan penculikan.


Pertempuran terjadi di tengah ketidakhadiran Perdana Menteri Ariel Henry, yang berada di Kenya untuk menyelesaikan rincian pengerahan 1.000 petugas polisi Kenya untuk mengambil kembali kendali negara tersebut.

Mantan petugas polisi dikenal sebagai Barbecue, Jimmy Cherizier, yang kini menjadi pemimpin geng yang kuat, mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk mencegah kembalinya Henry.

Tidak ada kepastian apakah Henry akan kembali ke Haiti, mengingat semakin meningkatnya risiko keamanan di negara tersebut.


Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Geng bersenjata di Haiti mencoba kuasai bandara utama
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024