Tim M2ReG bikin bioreaktor membran pengolahan limbah sawit

id M2ReG,Prof Muthia Elma,bioreaktor membran,BPDPKS,limbah kelapa sawit

Tim M2ReG bikin bioreaktor membran pengolahan limbah sawit

Prof Muthia Elma selaku ketua tim peneliti M2ReG menyambut kedatangan komite BPDPKS di laboratorium Fakultas Teknik ULM. (ANTARA/Firman)

Banjarbaru (ANTARA) - Tim Materials and Membranes Research Group (M2ReG) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Banjarbaru, Kalimantan Selatan berhasil menciptakan bioreaktor membran untuk pabrik pengolahan limbah kelapa sawit.

"Alat ini dirancang untuk mengolah limbah POME (Palm Oil Mill Effluent) dengan skala bench menjadi air, proses yang dapat digunakan kembali," kata Prof Muthia Elma selaku ketua tim peneliti M2ReG di Banjarbaru, Minggu.

Muthia menjelaskan membrane bio-reactors (MBR) menggunakan metode lumpur hibrida yang menggabungkan mikrofiltrasi dan ultrafiltrasi yang digerakkan dengan tekanan rendah untuk pemisahan padat-cair yang esensial dengan pengolahan biologis.

Dengan pengolahan limbah POME ini, diharapkan dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan meningkatkan efisiensi pengelolaan limbah di perkebunan kelapa sawit.

Keberadaan alat pengolahan limbah POME itu pun telah mendapatkan kunjungan dari Komite Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) di laboratorium Fakultas Teknik ULM.