"Ngaji.ai" membantu membaca Al Quran mandiri

id ngaji.ai,vokal.ai,aplikasi mengaji

"Ngaji.ai" membantu membaca Al Quran mandiri

Prof. Dr. Sutarto Hadi, Vanya Sunanto, dan Martijn Enter berkomitmen mengadopsi teknologi kecerdasan buatan untuk mendukung kegiatan pendidikan. (ANTARA/HO Ngaji.ai)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan pelopor pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan dalam pendidikan bahasa Indonesia Vokal.ai menyediakan aplikasi ngaji.ai untuk membantu pengguna belajar membaca Al Quran secara mandiri.

"Teknologi AI yang dikembangkan Vokal.ai membuat aplikasi ini mampu mendeteksi akurasi pelafalan bacaan Al Quran melalui teknologi automatic speech recognition (ASR) agar proses belajar mengaji dapat dilakukan secara mandiri," kata salah satu pendiri ngaji.ai Prof. Dr. Sutarto Hadi dalam keterangan persnya pada Rabu.

"Aplikasi ini juga menjawab tantangan proses belajar mengaji yang lebih fleksibel dan tanpa batas, sehingga siapapun bisa belajar mengaji di manapun, kapanpun dan di usia berapapun, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak belajar mengaji," katanya.

Guru Besar FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin itu menyampaikan, teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan ASR memungkinkan aplikasi membantu pengguna mengetahui apakah bacaan Al Quran yang diucapkan sudah benar.

Sistem skor diterapkan dalam pembelajaran menggunakan ngaji.ai. Pengguna akan mendapatkan nilai ketika menyelesaikan materi belajar dan mengerjakan latihan. Pengguna juga bisa memantau kemajuan belajar berdasarkan total skor.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ngaji.ai bantu upaya belajar baca Al Quran secara mandiri
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024