Makanan yang dilarang dihangatkan lagi, ini jenisnya

id koki selebriti, makanan sehat, makanan dipanaskan,Tips makanan

Makanan yang dilarang dihangatkan lagi, ini jenisnya

Koki selebriti Martin Natadipraja dalam diskusi bersama Tropicana Slim di Jakarta, Sabtu (23/3/2024) (ANTARA/Fitra Ashari)

Jakarta (ANTARA) - Koki selebriti Martin Natadipraja mengatakan beberapa makanan ini sebaiknya tidak dihangatkan kembali dan harus selalu dimakan saat segar.

“Semua jenis sayur karena menurut saya sayuran harus dimakan segar, dalam artian satu hari nggak perlu diinapkan harus habis,” kata Martin dalam diskusi Beat Diabetes bersama Tropicana Slim di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan semua jenis sayuran hijau seperti kangkung, sawi, pokcoy ataupun gulai daun singkong, harus dihabiskan dalam sehari dan tidak disarankan untuk dipanaskan berulang. Jika ingin mengonsumsi gulai daun singkong, Martin menyarankan untuk memisahkan gulai dan daun singkong dan jangan dipanaskan bersamaan.



Selain sayur-sayuran, Martin juga mengatakan untuk protein dari jenis daging-dagingan seperti ikan juga sebaiknya tidak dipanaskan berulang.

Namun untuk makanan yang mengandung santan seperti opor, masih ada toleransi dua sampai tiga hari bisa dipanaskan kembali namun disarankan tidak lebih dari seminggu.

“Kalau opor saran saya karena mengandung santan dua sampai tiga hari maksimal harus sudah selesai dihabiskan, jangan terlalu lama sampai seminggu,” katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ini jenis makanan yang sebaiknya tidak dihangatkan kembali