Universitas Gunadarma bikin perahu listrik-sepeda listrik amfibi

id UG,Universitas gunadarma

Universitas Gunadarma bikin perahu listrik-sepeda listrik amfibi

Peluncuran sepeda listrik amfibi Universitas Gunadarma (ANTARA/Humas UG)

Depok (ANTARA) - Universitas Gunadarma (UG) berkolaborasi dengan Kartanagari Group meluncurkan inovasi baru berupa purwarupa perahu listrik dan sepeda listrik amfibi.

Peluncuran secara resmi dilakukan oleh Rektor Universitas Gunadarma Prof Dr ES Margianti dihadiri tim kolaborasi UG dan Kartanagari Group yang dipimpin Dr Tubagus Maulana Kusuma.

Rektor UG Prof Margianti, di Depok, Sabtu, mengatakan telah menamai perahu listrik UG Electric Boat (ELBO) dengan menawarkan konsep solusi ramah lingkungan untuk menjelajah perairan sungai dan danau tanpa meninggalkan jejak karbon.

Untuk produk inovasi sepeda listrik amfibi, Prof Margianti menamainya UG Amphibious Electric Bicycle (AMED).

Menurut dia, UG AMEB menawarkan konsep sebuah inovasi revolusioner yang mengubah cara dunia dalam menjelajah darat dan air.

"Dengan menggabungkan teknologi canggih dan keandalan, UG AMEB menawarkan pengalaman petualangan bagi para petualang modern," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Kartanagari Group Priyo Jatmiko menyebutkan UG ELBO dirancang dengan teknologi terbaru untuk memberikan pengalaman yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan.

Menurut dia, perahu menggunakan panel surya sebagai sumber listrik dan baterai lithium ferophosphate (LFP).

"Perahu dibekali panel surya fleksibel dengan kapasitas 680 watt peak; baterai LFP dengan kapasitas 4.224 watt hours; dan motor listrik dengan daya 2.200 watt. UG ELBO juga dibekali dengan charger 220 volt AC untuk pengisi daya baterainya," kata dia.



Priyo Jatmiko menambahkan bahwa UG AMEB dibekali dengan motor dynamo 500 watt dan baterai LFP kapasitas 1.056 watt hours.

UG AMEB juga sudah dapat di-charge dengan listrik rumahan 220 volt AC.

Direktur Pemasaran Kartanagari Grup Aji Nara Kusuma menyebutkan beberapa keunggulan UG AMED, yakni pertama
, sepeda dirancang untuk menghadapi medan darat dan air secara bersamaan, yang dapat dengan mudah beralih dari jalur darat ke jalur perairan.

Kedua, UG AMEB ditenagai dengan motor dynamo listrik yang handal, menawarkan kecepatan dan daya tahan untuk petualangan yang lancar dan menyenangkan.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Universitas Gunadarma luncurkan perahu listrik-sepeda listrik amfibi