Indef: Pemerintahan baru diminta optimalkan sektor pangan

id indef,pangan,harga pangan,pertumbuhan ekonomi

Indef: Pemerintahan baru diminta optimalkan sektor pangan

Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto memberikan pemaparan saat diskusi publik Indef “Dinamika Lebaran dan Arah Ekonomi Prabowo-Gibran” di Jakarta, Selasa (26/3/2024). (ANTARA/Imamatul Silfia)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto meminta pemerintahan baru hasil Pemilu 2024 mengoptimalkan sektor pangan sebagai landasan meningkatkan pertumbuhan ekonomi ke depan.

“Kalau mau ekonomi kita tumbuh lebih baik, salah satu yang didorong adalah pangan,” kata Eko saat diskusi publik Indef “Dinamika Lebaran dan Arah Ekonomi Prabowo-Gibran” di Jakarta, Selasa.

Terlebih, lanjut dia, visi-misi pasangan calon terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka cukup menyoroti narasi soal pertanian dan pangan sebagai upaya mendorong ekonomi domestik.

Eko mengamini ada faktor-faktor yang sulit dikendalikan pada sektor pangan, seperti El Nino. Namun, dia yakin ada banyak faktor di luar El Nino yang bisa dikendalikan dan dioptimalkan oleh pemerintah.

“Kalau strateginya hanya melanjutkan, sulit mencapai 6-7 persen, karena rekam jejak pemerintahan Jokowi di 5 persen. Jadi agak sulit kalau bicara dalam konteks realitas hari ini. Tapi, kalau kita bisa memperbaiki dari ketahanan pangan kita ke depan, setidaknya ada perbaikan dari sisi daya beli,” jelas Eko.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indef minta pemerintahan baru optimalkan sektor pangan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024