Lomba permainan "letup meriam" lestarikan budaya tradisional

id Lomba letup meriam, dewan kesenian Siak, lomba permainan tradisional

Lomba permainan "letup meriam" lestarikan budaya tradisional

Kegiatan lomba letup meriam di Taman Syarifah Aminah Siak yang diikuti 120 peserta. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak, Riau, (ANTARA) - Dewan Kesenian Siak (DKS), Provinsi Riau menggelar lomba permainan tradisional "letup meriam" atau meriam bambu yang diikuti ratusan peserta dari masyarakat setempat sebagai ajang pelestarian kearifan lokal agar tak tergerus oleh zaman.
 
Wakil Bupati Siak Husni Merza saat membuka lomba di Taman Tengku Syarifah Aminah di Siak, Selasa malam, mengatakan pihaknya mengapresiasi DKS menyelenggarakan kegiatan tersebut, sehingga diharapkan bisa berlanjut pada tahun mendatang.
 
"Ini juga menjadi salah satu komitmen Siak yakni menjadi pusat kebudayaan melayu di nusantara, dan DKS memberikan kontribusi menghidupkan permainan tradisional dan kearifan lokal," katanya.
 
Husni mengatakan letup meriam atau meriam bambu merupakan permainan warga Siak sejak kecil. Biasanya menggunakan buluh betung yang suaranya bulat dan mantap.
 
 
Lebih lanjut dia mengharapkan kegiatan ini bisa dinarasikan lebih baik oleh DKS Siak yang memuat nilai filosofi dan pembelajaran. Paling tidak menonjolkan nilai perjuangan bagaimana mengatur strategi perang.
  
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Siak gelar lomba permainan tradisional "letup meriam"
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024