Utang luar negeri RI terkendali

id Bank Indonesia,utang luar negeri

Utang luar negeri RI terkendali

Ilustrasi - Tumpukan uang dolar AS berada di gerai penukaran mata uang asing di Jakarta. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc/pri.

Jakarta (ANTARA) -
Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono mengatakan utang luar negeri (ULN) Indonesia pada Februari 2024 tetap terkendali.
 
Posisi ULN Indonesia pada Februari 2024 tercatat sebesar 407,3 miliar dolar AS, atau tumbuh 1,4 persen secara year on year (yoy), meningkat dibandingkan dengan posisi bulan sebelumnya yang tumbuh 0,2 persen (yoy).
 
"Peningkatan tersebut terutama bersumber dari sektor publik, baik pemerintah maupun bank sentral. Perkembangan posisi ULN juga dipengaruhi oleh faktor pelemahan mata uang dolar AS terhadap beberapa mata uang global, termasuk rupiah," kata Erwin di Jakarta, Jumat.
 
Struktur ULN Indonesia tetap sehat, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. Hal itu tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 29,5 persen, serta didominasi oleh ULN jangka panjang dengan pangsa mencapai 86,9 persen dari total ULN.
 
Dalam rangka menjaga agar struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam pemantauan perkembangan ULN, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.
 
Peran ULN juga akan terus dioptimalkan dalam menopang pembiayaan pembangunan dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan, dengan meminimalisasi risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian.
 
Lebih lanjut Erwin menuturkan ULN pemerintah tetap terkendali dan dikelola secara terukur, efisien, dan akuntabel.
 
Posisi ULN pemerintah pada Februari 2024 tercatat sebesar 194,8 miliar dolar AS, atau tumbuh 1,3 persen (yoy), meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan 0,1 persen (yoy) pada bulan sebelumnya.
  
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BI: Utang luar negeri Indonesia tetap terkendali pada Februari 2024
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024