BRIN teliti suplemen zinc bersumber peptida teripang

id brin,suplemen zinc,kekurangan zinc,asupan gizi bayi,manfaat zinc,1000 hpk anak,stunting

BRIN teliti suplemen zinc bersumber peptida teripang

Ilustrasi: Komoditas kelautan, Teripang Susu dari Desa Dunu, Kecamatan Monano, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. (ANTARA/Susanti Sako)

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) meneliti suplemen zinc generasi ketiga dari peptida teripang untuk mengatasi kekurangan zinc pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) anak.
 
Peneliti Pusat Riset Vaksin dan Obat BRIN Gita Syahputra mengatakan teripang merupakan salah satu sumber peptida. Zinc yang terikat pada peptida memiliki tingkat absorpsi yang lebih baik dibanding suplemen zinc generasi sebelumnya.
 
"Perolehan peptida dari teripang pasir diharapkan dapat menjadi alternatif peptida pengikat zinc yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kekurangan zinc dan menjaga kesehatan," kata Gita dalam keterangan di Jakarta, Selasa.
 
Suplemen zinc yang tersedia di pasaran saat ini masih perlu pengembangan lanjutan. Kegiatan pengembangan dibutuhkan untuk meningkatkan daya serap suplemen zinc dan mengurangi efek samping yang ditimbulkan, seperti iritasi pencernaan, reaksi mual, dan muntah.
 
 
Kini hewan laut teripang dengan nama latin Holothuria scabra sudah berhasil dibudidayakan di beberapa tempat, seperti Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan Bali.
 
Gita menuturkan 1.000 HPK anak adalah salah satu fase penting dalam tumbuh kembang anak, sehingga asupan gizi perlu dimaksimalkan.
 
Menurutnya, beberapa kondisi kekurangan zinc merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi pada anak dan dapat ditangani dengan pemberian nutrisi atau suplementasi zinc bila perlu.
 
"Pengembangan produk teripang diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah teripang, sehingga layak dipasarkan menjadi bahan suplemen," ujar Gita.
 
 
BRIN menggarap penelitian itu menggunakan komputasi yang dikombinasikan dengan eksperimental di laboratorium untuk meningkatkan kualitas data yang dikumpulkan.
  

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN teliti suplemen zinc dari teripang untuk dukung 1.000 HPK anak
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024