Penanganan dampak bencana di Sulsel terapkan TMC

id BNPB, Banjir Luwu, Tanah Longsor Luwu, Sulsel,enrekang

Penanganan dampak bencana di Sulsel terapkan TMC

Arsip foto - Tim penerbang teknologi modifikasi cuaca menyiapkan garam (Natrium Clorida/NaCl) untuk kemudian disemaikan ke langit sejumlah daerah di Jawa Tengah supaya bisa mengurangi potensi dampak bencana hidro-meteorologi banjir, Sabtu (16/3/2024). ANTARA/HO-BNPB.

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mempertimbangkan dilakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk memudahkan upaya penanganan dampak bencana banjir disertai tanah longsor di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari di Jakarta, Selasa, mengatakan analisa cuaca dalam sepekan ke depan diprakirakan hujan intensitas sedang hingga lebat akan mengguyur sejumlah wilayah yang terdampak banjir dan tanah longsor, seperti Kabupaten Luwu, Soppeng, Enrekang, dan wilayah Sulsel lainnya.

Potensi hujan berintensitas sedang - lebat atau 150- 200 mm lebih yang berpotensi melanda Sulawesi Selatan tidak lepas dari hasil analisa BMKG yang melaporkan adanya pembentukan bibit siklon tropis di bagian Selatan Laut Banda.



BNPB menilai kondisi cuaca yang demikian akan semakin menyulitkan upaya penanganan dampak bencana di Sulsel. Mulai dari pendistribusian bantuan logistik hingga evakuasi korban yang sejauh ini mengandalkan armada helikopter, karena akses darat belum bisa dilalui, khususnya kondisi ini terjadi di Kabupaten Luwu.

Oleh karena itu, menurut dia, operasi TMC yang berfungsi untuk mengurangi atau menggeser potensi awan hujan dari Sulsel ke daerah lain akan dipertimbangkan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan BMKG, BRIN, TNI dan pihak lainnya, tinggal tunggu, bila memang dibutuhkan TMC, pemerintah daerah akan mengajukannya," kata Abdul.

Operasi TMC dinilai cukup efektif untuk menurunkan potensi hujan dari suatu daerah, menurut dia, hal demikian terbukti berdasarkan pengalaman penanganan dampak bencana banjir di Demak-Kudus, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB pertimbangkan TMC untuk penanganan dampak bencana di Sulsel
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024