Jateng kawal ritual biksu Thudong hingga Candi Borobudur

id biksu thudong,biksu,thudong,perjalanan biksu,waisak,waisak 2568

Jateng kawal ritual biksu Thudong hingga Candi Borobudur

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat bertemu dengan Panitia Thudong, di Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Rabu (15/5/2024). (ANTARA/HO-Pemprov Jateng)

Semarang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap mengawal perjalanan puluhan biksu yang melakukan ritual perjalanan spiritual Thudong dengan berjalan kaki hingga Candi Borobudur di Kabupaten Magelang.

"Kami menerima para biksu Thudong yang melakukan perjalanan dari Jakarta. Hari ini pukul 16.00 WIB tiba di Gunungpati, Kota Semarang," kata Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, di Semarang, Rabu.

Hal tersebut disampaikannya saat menerima kunjungan Panitia Thudong dalam rangka peringatan Hari Raya Waisak 2024 di Kantor Gubernur Jateng.

Setidaknya ada 40 biksu yang melakukan ritual thudong, dan setibanya Di Semarang mereka akan bermalam di Vihara Buddha Dipa, Gunungpati.

Keesokan hari, yakni Kamis, 16 Mei 2024, para biksu akan melanjutkan perjalanan ke Ambarawa. Setelah itu, berlanjut ke Temanggung, kemudian diteruskan ke Candi Borobudur, Magelang.



"Pemprov Jateng menyambut baik dari ritual keagamaan ini. Mereka adalah para biksu dari Thailand. Kami akan mengawal, mengamankan, dan menyukseskan seluruh rangkaian dari kegiatan ritual Thudong ini," katanya.

Pemprov Jateng juga berkomitmen untuk ikut menyukseskan rangkaian puncak peringatan Hari Raya Waisak 2024 yang dipusatkan di Candi Borobudur.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Jateng siap kawal ritual biksu Thudong hingga Borobudur
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024