Dinas Perpustakaan meluncurkan buku "Sleman Memang Beda"

id Sleman Memang Beda ,Wabup Sleman ,Dinas Perpustakaan Sleman ,Kabupaten Sleman

Dinas Perpustakaan meluncurkan buku "Sleman Memang Beda"

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa meluncurkan buku "Sleman Memang Beda" yang ditandai dengan penyerahan bantuan buku secara simbolis kepada empat kalurahan (setingkat desa) dan empat sekolah di Aula Museum Monumen Yogya Kembali, Selasa (21/5/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan buku kekhasan Sleman, yang berjudul "Sleman Memang Beda, Mengeksplorasi Keunikan Kabupaten Sleman di Aula Museum Monumen Yogya Kembali, Selasa.

Buku "Sleman Memang Beda" diluncurkan secara langsung oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa yang ditandai dengan pemukulan gong dan penyerahan bantuan buku secara simbolis kepada empat kalurahan (setingkat desa) dan empat sekolah.

Danang Maharsa mendukung kehadiran buku ini sebagai upaya peningkatan literasi masyarakat dan berharap agar masyarakat tak hanya semakin rajin dalam menambah pengetahuan, namun juga dapat termotivasi untuk menulis berbagai pengalaman pribadi dan testimonial tentang Sleman.

"Semakin banyak ulasan tentang Sleman tentunya akan lebih mempopulerkan Sleman. Saya juga mengajak para pecinta buku dan penggerak literasi untuk turut memperkenalkan buku "Sleman Memang Beda; Mengeksplorasi Keunikan Kabupaten Sleman' ini," katanya.

Menurut dia, keberadaan buku ini juga menjadi upaya peningkatan kualitas masyarakat Kabupaten Sleman.

"Untuk itu, masyarakat khususnya orang tua kami harapkan untuk meningkatkan budaya membaca kepada anak-anak, sehingga dapat meminimalisasi kondisi kecanduan gadget pada generasi muda," katanya.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Abu Bakar mengatakan salah satu tujuan diluncurkan buku ini adalah sebagai langkah menumbuhkan budaya literasi, terutama terkait kebudayaan khas Kabupaten Sleman.

"Dengan adanya buku tentang Sleman ini dimaksudkan agar pembaca lebih mengenal keunikan dan kekayaan budaya Sleman," katanya.

Ia mengatakan buku ini mulai dikerjakan pada Oktober 2023 sampai dengan Maret 2024. Penyusunan buku ini diharapkan dapat membawa pembaca mengeksplor keunikan Sleman dan kekayaan budaya yang ada.

Kegiatan ini juga diisi dengan acara bedah buku "Sleman Memang Beda" Bersama dosen UGM Yogyakarta Dr Muhammad Sulhan, penulis Astrid Savitri serta Christiana Rini Puspitasari sebagai perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman.

Peserta yang hadir juga dapat menikmati pameran buku yang dilaksanakan di area Aula Museum Monumen Yogya Kembali.
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024