DKI Jakarta kota terpolusi di dunia

id kualitas udara jakarta,IQAir

DKI Jakarta kota terpolusi di dunia

Suasana tugu Monas yang tertutup oleh kabut polusi di Jakarta. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp/am.

Jakarta (ANTARA) - Kota Jakarta masih menjadi kota terpolusi di antara 117 negara di dunia berdasarkan laporan laman IQAir pada Selasa, pukul 05.58 WIB.

Kualitas udaranya masuk kategori sangat tidak sehat dengan poin 213 atau memiliki tingkat konsentrasi polutan PM 2,5 sebesar 138 mikrogram per meter kubik.

Angka ini menunjukkan 27,6 kali lebih tinggi dari nilai panduan kualitas udara tahunan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Jakarta dibandingkan kota-kota lainnya di Indonesia, berada di urutan kedua, setelah Tangerang dengan indeks kualitas udara terburuk di angka 235.

Tetapi, bila dibandingkan dengan 116 negara lain, indeks kualitas udaranya berada di peringkat pertama yang terburuk, diikuti Delhi, India yang berada pada angka 202 dan Lahore, Pakistan (179).



Adapun rekomendasi kesehatan bagi warga di Jakarta mengingat kualitas udara yang tidak sehat yakni menghindari aktivitas di luar ruangan dan mengenakan masker saat berada di luar rumah.

Juga, menutup jendela untuk menghindari udara luar yang kotor.

PM 2,5 merupakan partikel berukuran lebih lebih kecil 2,5 mikron (mikrometer) yang ditemukan di udara termasuk debu, asap dan jelaga.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Selasa, Jakarta masih jadi kota terpolusi di dunia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024