Hujan guyur Indonesia

id bmkg,prakiraan cuaca,cuaca hari ini,laporan cuaca bmkg

Hujan guyur Indonesia

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpotensi terjadu di sebagian besar wilayah Sulawesi Utara. Tampak awan gelap menutupi bagian utara Kota Manado. ANTARA/Karel A Polakitan (1)

Jakarta (ANTARA) - BMKG memprakirakan hari ini hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi mengguyur mayoritas kota besar di Indonesia.
 
Prakirawan BMKG Maria Klaudiana mengatakan hujan tersebut terjadi akibat pengaruh gelombang rossby, gelombang kelvin, dan dorongan massa udara kering dari wilayah selatan.
 
"Gelombang ekuatorial rossby teridentifikasi aktif di wilayah Banten, Lampung, Kalimantan Utara, Sulawesi bagian utara, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat," ujarnya dalam pernyataan yang dikutip di Jakarta, Senin,
 
Maria menuturkan gelombang kelvin teridentifikasi aktif di wilayah Sumatra bagian tengah. Hal itu dapat memicu terjadinya peningkatan aktivitas pertumbuhan awan hujan di wilayah-wilayah tersebut.
 
Fenomena dorongan massa udara kering dari belahan bumi selatan mampu mengangkat uap air basah di depan batas intrusi menjadi lebih hangat dan lembap yang dapat mendorong pertumbuhan awan hujan terdapat di wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Sulawesi.
 
 
Dari hasil analisis dan prognosis peta angin, daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin yang berpotensi terjadi pertumbuhan awan hujan terdapat di sebagian besar wilayah Sumatra, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.
 
Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi bagian utara dan tengah, wilayah Maluku, Maluku Utara, sebagian besar Papua, dan Papua Barat.
 
Berdasarkan prakiraan BMKG di Pulau Sumatra, hujan ringan hingga sedang berpotensi mengguyur Medan, Tanjung Pinang, Jambi, Palembang, Bandar Lampung, dan Bengkulu. Sedangkan, hujan yang disertai petir berpotensi mengguyur Pangkal Pinang.
 
Cuaca berawan hingga cerah berawan diprakirakan terjadi di Banda Aceh dan Padang, serta kabut di Pekanbaru.
 
Di Pulau Jawa cuaca berawan hingga cerah berawan berpotensi terjadi di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Adapun hujan ringan diprediksi hanya turun di Serang dan Semarang.
 
Kepulauan Sunda Kecil umumnya cerah berawan, kecuali Denpasar yang diprakirakan turun hujan ringan.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG prakirakan hujan guyur mayoritas kota besar di Indonesia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024