Candi Bata akan dijadikan cagar budaya gaet wisatawan

id Pemkab Batang, cagar budaya Candi Bata

Candi Bata akan dijadikan cagar budaya gaet wisatawan

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki (berbaju batik) sedang mengecek kondisi situs Candi Batang di Kawasan Industri Terpadu Batang, Kamis (27/6/2024). ANTARA/Dokumentasi pribadi

Batang, Jawa Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menyebutkan temuan situs Candi Bata di Kawasan Industri Terpadu Batang siap dijadikan cagar budaya.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki di Batang, Jateng, Jumat, mengatakan saat ini pemkab bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) masih melakukan proses ekskavasi Candi Bata.

"Ke depan, situs Candi Bata ini menjadi cagar budaya yang harus dilestarikan, diamankan sebagai sarana edukasi anak-anak bahwa di daerah ini ada sebuah peradaban yang ditandai dengan adanya candi," katanya.

Menurut dia, saat ini, BRIN dan tim masih mengamankan temuan terlebih dahulu, sambil mengobservasi kemungkinan masih ada situs lainnya di sekitarnya.

Pemkab, kata dia, sudah menyiapkan anggaran untuk pembuatan cungkup sebagai penanda bahwa di situ terdapat candi bersejarah yang menjadi cagar budaya.

"Pada tahun ini, kami sudah menganggarkan dana Rp230 juta, Rinciannya Rp170 juta untuk ekskavasi dan Rp60 juta untuk pembuatan cungkup," katanya.

Kemudian, sebagai bentuk dukungan adanya cagar budaya, Pemkab Batang juga akan mempersiapkan fasilitas penunjang lainnya seperti akses jalan, transportasi, dan penerangan.

Dikatakan, penemuan situs Candi Bata ini berdekatan dengan sumber air Balekambang, sehingga kemungkinan dapat dipadukan sebagai lokasi tempat wisata.

"