Korea Utara menembakkan 2 rudal balistik

id rudal balistik korea utara,peluncuran rudal korea utara,korea utara,korea selatan

Korea Utara menembakkan 2 rudal balistik

Arsip Foto - Uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasongpho-17 milik Korea Utara, yang disiarkan kantor berita Korea Utara KNA, Jumat (25/3/2022). (ANTARA/Korean Central News Agency/Handout via Xinhua/tm/am.)

Seoul (ANTARA) - Militer Korea Selatan mengatakan Korea Utara menembakkan dua rudal balistik ke arah timur laut pada Senin dengan salah satu peluncuran kemungkinan gagal dan rudal tersebut mendarat di dalam negeri.

Kepala Staf Gabungan Korsel (JCS) menjelaskan bahwa satu rudal balistik jarak pendek diluncurkan dari daerah Jangyon di Provinsi Hwanghae Selatan sekitar pukul 5:05 pagi waktu setempat dan terbang sekitar 600 kilometer, mendarat di perairan kota Chongjin di timur laut Korea Utara.

Rudal balistik lainnya diluncurkan dari area yang sama sekitar pukul 5.15 pagi waktu setempat dan hanya terbang sekitar 120 kilometer.

Juru bicara JCS, Kolonel Lee Sung-jun, mengatakan rudal kedua mungkin terbang secara tidak normal pada tahap awal penerbangannya dan jika meledak di udara, puing-puingnya bisa saja mendarat di Korea Utara.

“Sulit untuk mengetahui secara pasti titik dampak rudal tersebut, namun ada kemungkinan rudal tersebut mengarah ke Pyongyang,” kata seorang pejabat JCS.

Korea Utara terakhir kali meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek yang dikenal sebagai Hwasong-11 dari daerah Jangyon pada Maret tahun lalu. Rudal-rudal tersebut terbang sekitar 610 kilometer untuk mencapai sasaran di perairan Chongjin, menurut media pemerintah Korea Utara.
 

JCS mengecam keras peluncuran terbaru ini sebagai “tindakan provokatif” yang sangat mengancam perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea dan berjanji untuk mempertahankan kesiapan yang besar terhadap provokasi semacam itu.

Sumber : Yonhap
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Korut tembakkan 2 rudal balistik dan 1 peluncuran mungkin gagal
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024