Pelaksanaan PPDB di Indonesia harus transparan biar tak ada kecurangan

id Kecurangan PPDB,PPDB,Komisi X DPR

Pelaksanaan PPDB di Indonesia harus transparan biar tak ada kecurangan

Ilustrasi.Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari (tengah) melakukan sidak saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMPN 1 Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (1/7/2024). (Antara/ARIF FIRMANSYAH)

Jakarta (ANTARA) -
Anggota Komisi IX DPR RI Zainuddin Maliki meminta penyelenggara pendidikan di seluruh tingkatan agar bersikap transparan dalam melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).
 
Menurut Zainuddin, transparansi merupakan salah satu poin penting dalam memastikan tidak ada kecurangan dalam PPDB.
 
"Menurut saya, masih juga akan ada masalah kalau mentalitas kita untuk berterus terang, kejujuran, transparansi itu belum ada," kata dia dalam video singkat, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube TVR Parlemen di Jakarta, Jumat.
 
Hal tersebut disampaikan Zainuddin untuk menanggapi temuan "siswa titipan" masuk PPDB yang terungkap dalam investigasi salah satu media nasional serta temuan mengenai pemalsuan data di kartu keluarga.
 
Sementara itu, anggota Komisi X DPR RI Nuroji meminta kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menindak tegas segala bentuk kecurangan dalam PPDB.
 
 
 
Selain itu, ia juga menyarankan orang tua calon siswa baru dari kalangan ekonomi menengah ke atas agar mendaftarkan putra-putrinya di sekolah swasta. Dengan demikian, kata dia melanjutkan, akses pendidikan gratis dari pemerintah bisa dimanfaatkan oleh calon siswa baru dengan latar belakang ekonomi bawah atau kurang mampu.
 
"Ini justru orang yang mampu berusaha mendapatkan kursi, orang yang tidak mampu direbut dengan membeli kursi itu. Nah tadi, kecurangan itu terjadi karena ada konsumennya juga," kata dia.
 
 
 
Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy telah mengusulkan agar ada pembentukan satuan tugas (Satgas) PPDB yang melibatkan unsur kejaksaan, kepolisian, dan dinas-dinas terkait mulai dari tingkat pusat hingga daerah.
 
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anggota DPR minta pelaksanaan PPDB dilakukan transparan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024