Rizki Juniansyah persembahkan emas sebagai kado HUT RI

id Rizki Juniansyah,angkat besi,Olimpiade Paris 2024

Rizki Juniansyah persembahkan emas sebagai kado HUT RI

Lifter Indonesia Rizki Juniansyah mencium barbel usai melakukan angkatan clean and jerk dalam kelas 73 kg putra Olimpiade Paris 2024 di South Paris Arena, Paris, Prancis, Kamis (8/8/2024). Rizki meraih medali emas setelah berhasil meraih total angkatan 354 kilogram sehingga menduduki peringkat pertama dari 12 lifter yang turut serta dalam nomor tersebut. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/app/pras.

Jakarta (ANTARA) - Lifter putra Indonesia Rizki Juniansyah mempersembahkan medali emas angkat besi kelas 73kg Olimpiade Paris yang dia raih sebagai kado ulang tahun Republik Indonesia ke-79.

"Alhamdulillah saya sangat bersyukur kepada Allah SWT bisa buat sejarah medali emas pertama untuk angkat besi di Olimpiade. Ini untuk angkat besi Indonesia," kata Rizki dalam keterangan resmi dari NOC Indonesia yang diterima di Jakarta, Jumat.

"Terima kasih semua yang membantu dan memberikan support baik dari masyarakat, Pak Rosan, Joko Pramono, Pelatih, keluarga, CdM Anin, Raja Sapta Oktohari, Menpora, keluarga di Serang dan Banten, Buldog Gym, bapak angkat saya. Saya tidak bisa menyebutkan satu per satu. Terima kasih, ini untuk HUT RI ke-79."

Rizki meraih emas dengan total angkatan 354kg berupa angkatan snatch 155 kg dan angkatan clean and jerk 199 kg.

Ia mengukir sejarah sebagai lifter pertama Indonesia yang berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade, sekaligus mencatatkan namanya sebagai pemegang Olympic Record untuk clean and jerk dengan angkatan 199kg.

Di awal, Rizki gagal di angkatan snatch pertama dengan berat beban 155kg. Namun, pada percobaan kedua, Rizki berhasil mengangkat beban yang sama.

Pada kesempatan snatch terakhir, ia mencoba mengangkat 162kg tetapi gagal.

"Waktu Angkatan snatch saya tertinggal, sempat deg-degan juga. Saya kemudian bisa bangkit dan semangat saya kembali untuk Angkatan clean and jerk," ujar Rizki .




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Raih medali emas, Rizki Juniansyah: Kado untuk HUT ke-79 RI