Kemendikbudristek: Festival Indonesia Bertutur 2024 dekatkan Gen Z dengan warisan budaya

id Indonesia Bertutur, Festival Indonesia Bertutur, seni tradisi, seni klasik

Kemendikbudristek: Festival Indonesia Bertutur 2024 dekatkan Gen Z dengan warisan budaya

Festival Indonesia Bertutur 2024 menampilkan seni tradisi Bali di Lapangan Chandra Muka, Batubulan, Kabupaten Gianyar, Bali, Rabu (7/8/2024). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Gianyar, Bali (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendekatkan anak muda, termasuk generasi Z, dengan warisan budaya Indonesia dalam pengemasan secara kreatif melalui Festival Indonesia Bertutur 2024.

“Caranya harus kreatif dan terbuka sesuai watak anak muda,” kata Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra di Gianyar, Bali, Jumat.

Menurut dia, anak muda perlu dikenalkan dengan warisan budaya, termasuk seni tradisi, dengan sentuhan kekinian, misalnya melalui teknologi dan tata cahaya.

Ia mengharapkan Festival Indonesia Bertutur 2024 yang diadakan di Bali menjadi media menarik anak muda mengenali budayanya.

Dalam festival dua tahun sekali itu, warisan budaya ditampilkan lebih kreatif, termasuk menampilkan karya instalasi yang beragam.

“Bentuknya bisa berbeda-beda tetapi akar budayanya tetap dapat dilihat,” katanya.

Festival itu diadakan sejak 2022 di Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang menginspirasi setelah objek wisata sejarah itu ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh Organisasi PBB Bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya (UNESCO).

Pada 2024 di Bali, festival itu terinspirasi kearifan lokal Subak atau sistem irigasi pertanian di "Pulau Dewata" --sebutan Bali-- yang juga ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Pelaksanaan Festival Indonesia Bertutur 2024 meliputi sembilan program utama yang dibuka pada 7 Agustus dan berlangsung hingga 18 Agustus 2024.

Kegiatan itu bertempat di tiga lokasi berbeda di "Pulau Dewata", yakni Batubulan dan Ubud, Kabupaten Gianyar dan Nusa Dua, Kabupaten Badung.

Selain program Maha Wasundari yang ditampilkan pada Rabu (7/8) saat pembukaan, juga ada program Kathanaya pada 8-9 Agustus dengan menampilkan seni tutur yang mencakup nilai kearifan lokal serta sejarah panjang bangsa Indonesia.

Di Ubud diadakan empat program, yakni Visaraloka yang berlangsung pada 7-18 Agustus dengan menampilkan program Eksibisi Expanded Media dan Seni Performans.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Festival Indonesia Bertutur dekatkan Gen Z dengan warisan budaya
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024