Menparekraf: Pengeluaran wisman di Indonesia 1.500 dolar AS

id Kunjungan wisman, turis mancanegara, pariwisata Bali

Menparekraf: Pengeluaran wisman di Indonesia 1.500 dolar AS

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan pemaparan di sela menghadiri Konferensi Internasional Kualitas Pariwisata ke-1 di Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (30/8/2024) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Denpasar (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebutkan rata-rata pengeluaran wisatawan mancanegara (wisman) selama berwisata di Indonesia pada 2024 mencapai 1.500 dolar AS atau sekitar Rp23,1 juta per kunjungan dengan kurs Rp15.459 per dolar AS.

“Capaian itu sekitar 50 persen lebih tinggi dibandingkan masa sebelum pandemi COVID-19,” kata Sandiaga di sela menghadiri Konferensi Internasional Kualitas Pariwisata ke-1 di Sanur, Denpasar, Bali, Jumat.

Ia menjelaskan peningkatan pengeluaran wisman itu dicapai melalui fokus pengembangan 3S yakni serenity, spiritual dan sustainability (ketenangan, spiritual dan keberlanjutan).

“Dulu kami fokus 3S yang lain yakni sun, sea dan sand,” imbuhnya.

Terkait jumlah kunjungan wisman, Sandiaga memperkirakan hingga Agustus ini sebanyak 13 juta wisatawan asing mengunjungi Indonesia.

Ada pun rata-rata lama tinggal wisman di Indonesia per Mei 2024 selama 7,51 malam atau lebih rendah dibandingkan periode Mei 2023 mencapai 7,87 malam.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf sebut pengeluaran wisman capai 1.500 dolar AS
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024