RI-Liberia incar kerja sama pertanian

id Mentan,Liberia,pertanian,Amran

RI-Liberia incar kerja sama pertanian

Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman (kiri), mengadakan pertemuan bilateral di sela-sela rangkaian acara Indonesia Africa Forum (IAF) dengan Menteri Pertanian Liberia Alexander Nuetah (kanan) di Bali, Senin (2/9/2024). ANTARA/HO-Humas Kementan

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertanain (Mentan) Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman dan Menteri Pertanian Liberia Alexander Nuetah berencana menjalin kerja sama dalam pengembangan pertanian untuk meningkatkan sektor pertanian di kedua negara.

"Indonesia siap untuk mendukung pengembangan pertanian di Liberia. Sebagai langkah awal, kami sepakat untuk segera menandatangani kerja sama yang fokus pada pembangunan sektor pertanian antar kedua negara," kata Mentan Amran dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Mentan Andi Amran Sulaiman mengadakan pertemuan bilateral di sela-sela rangkaian acara Indonesia Africa Forum (IAF) di Bali dengan Menteri Pertanian Liberia Alexander Nuetah.

Dalam pertemuan tersebut, Mentan Amran menyampaikan sederet program dan kebijakan swasembada pangan yang telah dilakukan Indonesia, termasuk program cetak sawah seluas 1 juta hektar yang secara masif tengah dilaksanakan di berbagai wilayah di tanah air.

Mentan RI berharap rencana kerja sama tersebut dapat mendorong peningkatan kapasitas dan produktivitas pertanian di Liberia.

Lebih lanjut Amran mengaku bahwa pihaknya akan segera mengirim para ahli pertanian di Indonesia untuk membantu pengembangan pertanian di Liberia.

“Saya sampaikan tadi bagaimana Indonesia membangun food estate dan berupaya untuk melakukan transformasi dari pertanian konvensional ke modern, prinsipnya kami sangat terbuka untuk membantu dan bekerja sama," ungkap Mentan.

Sementara itu, Menteri Pertanian Liberia memberikan apresiasi tinggi terhadap kinerja pertanian Indonesia, terutama dalam mencapai swasembada beras.

Ia menilai program yang dijalankan Indonesia sangat luar biasa dan berharap agar program serupa dapat diadopsi dan diaplikasikan di negaranya.

Dia berharap agar pertemuan tersebut dapat ditindaklanjuti dengan kerja sama konkret, di mana Indonesia dapat memberikan dukungan penuh bagi pengembangan sektor pertanian di Liberia.

Menteri Pertanian Liberia mengaku sangat terkesan dengan program yang disampaikan oleh Menteri Pertanian Indonesia, terutama mengenai persiapan lahan sawah seluas 1 juta hektar untuk menanam padi.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indonesia dan Liberia bidik kerja sama pertanian
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024