Dispar Sleman kembali gelar "Sleman Creative Weeks"

id Dinas Pariwisata Sleman ,Sleman Creative Weeks ,Ekonomi kreatif Sleman ,Kabupaten Sleman

Dispar Sleman kembali gelar "Sleman Creative Weeks"

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Kus Endarto ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto (Sleman Creative Weeks)

Sleman (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menggelar kegiatan tahunan "Sleman Creative Weeks" (SCW) sebagai wadah ekspresi para pelaku ekonomi kreatif juga merupakan salah satu upaya untuk menggerakkan ekonomi masyarakat.

"Kegiatan SCW tahun ini merupakan gelaran yang keempat kalinya, berbeda dengan tahun sebelumnya yang selalu dipusatkan di 'Sleman Creative Space' di Taman Kuliner Condongcatur, tahun ini SCW#4 diselenggarakan tersebar di empat titik lokasi mulai 12 Oktober," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Kus Endarto di Sleman, Jumat.

Menurut dia, Bulan Oktober telah dicanangkan sebagai Bulan Ekonomi Kreatif bagi Kabupaten Sleman sejak 2022 saat dilaksanakan Sleman Creative Weeks (SCW) yang ke dua kalinya.

"Sejak itu Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman secara terus menerus dari tahun ke tahun melaksanakan kampanye pengembangan ekonomi kreatif secara berkelanjutan melalui SCW pada setiap tahunnya," katanya.

Ia mengatakan, rangkaian Sleman Creative Weeks #4 tahun 2024 akan dilaksanakan di empat lokasi yang berbeda dengan waktu yang berbeda, sehingga masyarakat akan dapat menyaksikan dan mengikuti semua rangkaian acara yang diadakan.

Ke empat rangkaian Sleman Creative Weeks #4 tersebut adalah agenda pertama 'Ngaran Kite Festival' yang dilaksanakan pada 12 dan 13 Oktober 2024 di Ngaran Margokaton, Seyegan.

"Kegiatan Ngaran Kite Festival dimeriahkan beberapa kegiatan yaitu pertunjukan seni budaya, workshop, talkshow, eksibisi layang-layang dan kompetisi layang-layang," katanya.

Agenda kedua yang bertajuk Sinergy akan dilaksanakan pada 19 Oktober 2024 di Taman Kuliner Condongcatur Sleman Creative Space yang meliputi kegiatan Bazar UKM, pertunjukan finalis stand up comedy di panggung utama, pemutaran karya film terbaik serta pemberian penghargaan kepada peserta stand up comedy terbaik dan peserta lomba film terbaik.

Agenda ketiga yaitu Bedog Art Festival (BAF)akan dilaksanakan pada 26 Oktober 2024 di Studio Banjarmili Banyuraden, Gamping dengan agenda utama pertunjukan budaya dari berbagai negara serta bazar UKM.

Sedangkan agenda ke pempat yaitu Pesta Boneka yang akan dilaksanakan pada 23 hingga 27 Oktober 2024 di Kampung Media Resort Jalan Damai Ngaglik Sleman.

"Pesta Boneka atau International Biennale Puppet Festival pada tahun ini mengambil tema 'Seeds of Hope' dengan berbagai kemasan kegiatan yang meliputi pertunjukan seni budaya, workshop, diskusi, bazar UKM," katanya.

Ia mengatakan, pada kegiatan Pesta Boneka ini juga digelar kegiatan "seniman memasak" yang diikuti perwakilan dari 25 negara yaitu Australia, Austria, Brazil, Canada, Prancis, Jerman, Islandia, Italia, Jepang, Macau, Malaysia, Belanda, Polandia, Singapura, Slovakia, Slovenia, Korea Selatan, Spanyol, Taiwan, Thailand, Turki, Inggris, Amerika dan tuan rumah Indonesia.

"Dalam agenda Pesta Boneka ini juga dilaksanakan lomba tari kreasi tingkat Sekolah Dasar (SD) antarkecamatan/kapanewon se Kabupaten Sleman sekaligus penyerahan hadiah bagi pemenang," katanya.

Ia menjelaskan bahwa Sleman Creative Weeks selain sebagai wadah ekspresi para pelakuekonomi kreatif juga merupakan salah satu upaya untuk menggerakkan ekonomi masyarakat melalui subsektor ekonomi kreatif sehingga kemanfaatannya benar-benar dirasakan oleh masyarakat secara umum.

"Diharapkan pula rangkaian Sleman Creative Weeks dapat menjadi semangat penggerak bagi percepatan perkembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman," katanya.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dinas Pariwisata Sleman kembali gelar "Sleman Creative Weeks"
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024