Jogja (Antara Jogja) - Sebanyak 24 kadet Royal Thai Air Force Academy mengunjungi Akademi Angkatan Udara Yogyakarta untuk mempererat kerja sama yang telah terjalin selama ini.

Kedatangan kadet Royal Thai Air Force Academy (RTAFA) yang dipimpin Air Vice Marshal (AVM) Vichian Thammathorn itu diterima Wakil Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsekal Pertama (Marsma) TNI Iman Sudrajat di Ruang Rapat Markas Komando AAU Yogyakarta, Rabu.

Iman mengatakan, kunjungan itu dalam rangka kegiatan pertukaran antara kadet RTAFA dan karbol AAU. Saat ini 24 karbol AAU sedang berada di Thailand dengan dipimpin Kepala Departemen Elektronika (Kadeplek) AAU Kolonel Lek Suparno.

"Kami menucapkan selamat datang dan berterima kasih kepada seluruh rombongan RTAFA yang berkunjung ke AAU. Kami berharap kunjungan itu dapat lebih mempererat hubungan kerja sama yang telah terjalin," katanya.

Thammatorn mengatakan, Indonesia dan Thailand telah memiliki hubungan yang baik sejak dulu. Kunjungan itu juga dilakukan untuk mempererat hubungan kerja sama antara RTAFA dan AAU yang sudah terjalin dengan baik selama ini.

Menurut dia, kegiatan pertukaran itu dapat dijadikan wadah pembelajaran bagi para karbol dan kadet dalam mengenal struktur organisasi di lingkungan AAU kedua negara.

"Hal itu akan membentuk jalinan komunikasi sosial yang bermanfaat dalam tugas-tugas kerja sama internasional di masa datang," kata marsekal bintang dua itu.

Setelah menyaksikan profil AAU, rombongan RTAFA kemudian meninjau beberapa fasilitas di AAU seperti laboratorium yang terdapat di Departemen Elektronika dan Departemen Bahasa.

Selain itu juga mendapatkan penjelasan mengenai Learning Management System (LMS) AAU untuk kemudian melanjutkan kegiatan menuju Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto.

Rombongan RTAFA selama berada di Yogyakarta juga akan mengunjungi beberapa objek wisata dan sentra industri kerajinan.

(U.B015)

Pewarta : Oleh Bambang Sutopo Hadi
Editor : Heru Jarot Cahyono
Copyright © ANTARA 2024