Yogyakarta, (Antaranews Jogja) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyebut, proyek kereta cepat dimungkinkan tidak hanya akan melayani rute Jakarta - Bandung, tetapi bisa diperpanjang sampai ke Yogyakarta atau Solo Jawa Tengah.

"Sampai ke Yogyakarta atau mungkin sampai ke Solo," kata Menteri Luhut seusai menyampaikan kuliah umum dengan tema "Pengembangan Industri dan Jasa Maritim Indonesia Untuk Mewujudkan Visi Poros Maritim Dunia" di Auditorium Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Yogyakarta, Jumat.

Luhut mengatakan pemerintah sedang melakukan kajian terkait peluang realisasi perpanjangan rute kereta cepat sampai ke Solo atau Yogyakarta.

"Kita lagi hitung, bisa saja mungkin (sampai Solo atau Yogyakarta) tapi masih tahap awal ya," kata dia.

Sesuai tahapan, menurut dia, pemerintah saat ini tengah berfokus untuk mempercepat penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. 

"Kita lihatlah nanti tahapannya, sekarang masih Jakarta-Bandung terlebih dahulu," kata mantan Menko Polhukam itu.

Pemerintah menargetkan megaproyek itu bisa selesai dan beroperasi pada 2020 secara bertahap. Konstruksi proyek yang akan membuat waktu tempuh perjalanan Jakarta-Bandung kurang dari satu jam itu ditargetkan akan dimulai pada Mei. ***3***

Pewarta : Luqman Hakim
Editor : Eka Arifa
Copyright © ANTARA 2024