Sleman (ANTARA) - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan deklarasi kampanye damai dalam rangka membangun komitmen bersama demi suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman Arjuna Al Ichsan Siregar di Sleman, Rabu, mengatakan bahwa kegiatan deklarasi kampanye damai menjadi salah satu upaya untuk memastikan kesiapan sumber daya manusia dan perangkat pengawasan dalam mengawasi setiap tahapan pemilihan yang sedang berlangsung, termasuk pada tahapan kampanye mendatang.

"Selain itu, kami juga ingin membangun komitmen bersama demi suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sleman 2024," kata Arjuna Al Ichsan Siregar.

Dalam deklarasi kampanye damai, kata Arjuna, ada tiga pesan utama yang ingin pihaknya sampaikan kepada masyarakat, yakni komitmen untuk menjaga netralitas, komitmen untuk menjaga kondusivitas wilayah masing-masing di tengah persaingan politik dalam pemilihan, serta komitmen untuk membangun budaya demokrasi yang sehat tanpa politik uang.

Arjuna berharap Pilkada 2024 mendatang dapat menciptakan hasil yang dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Sleman.

"Kami berpesan agar masyarakat ikut memastikan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Bupati Kabupaten Sleman 2024 berlangsung dengan aman, damai, dan sukses," katanya.

Penjabat Sementara (Pjs.) Bupati Sleman Kusno Wibowo hadir sekaligus menandatangani komitmen penyelenggaraan kampanye damai bersama pasangan calon bupati/wakil bupati dan jajaran Forkopimda Sleman.

Kusno mengatakan bahwa deklarasi kampanye damai menjadi wujud komitmen bersama dalam menyelenggarakan kampanye damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sleman 2024.

Ia juga mengingatkan terkait dengan keadilan dan integritas pemilu sebagai parameter demokrasi.

"Keadilan dan integritas pemilu harus dapat diwujudkan secara nyata dalam pengaturan seluruh tahapan pemilu, termasuk kegiatan kampanye," katanya.

Menurut dia, pelaksanaan kampanye pemilu harus benar-benar sesuai dengan tujuannya dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Pjs. Bupati mengimbau masyarakat bersikap lebih bijak dan menghindari sikap menjelek-jelekkan pihak lain.

Kusno berharap deklarasi ini dapat mengantarkan masyarakat kepada Pilkada yang demokratis, jujur, akuntabel dan bermartabat.

"Mudah-mudahan seluruh tahapan Pemilu 2024 berjalan kondusif, aman, dan tertib sehingga Pilkada 2024 menjadi pemilu yang mempersatukan seluruh elemen bangsa, pemilu yang makin menguatkan kerukunan, persatuan dan kesatuan masyarakat Sleman walaupun berbeda pilihan," katanya.

Pewarta : Sutarmi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024